Sukses

Sambut Ramadan, Rp 3 Triliun Uang Receh Banjiri Jambi

Warga Jambi tidak perlu khawatir tak kebagian uang receh.

Liputan6.com, Jambi - Sebanyak Rp 3 triliun uang pecahan kecil bakal membanjiri Jambi. Rupiah sebanyak itu dipersiapkan Bank Indonesia Provinsi Jambi untuk memenuhi permintaan penukaran uang receh saat Ramadan dan Idul Fitri.

"Yang paling banyak adalah uang pecahan Rp 10 ribu ke bawah. Karena nanti banyak yang nukar," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi, V Carlusa di Jambi, Kamis (19/5/2016).

Carlusa mengatakan warga Jambi tidak perlu khawatir tak kebagian uang pecahan kecil. Karena stoknya dijamin ketersediaannya di seluruh bank.

"Jadi tinggal datang saja ke bank mana pun di Jambi," ujar Carlusa.

Jumlah uang yang disiapkan tersebut lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ini dilihat dari kebutuhan penukaran uang setiap kali datang Hari Raya Idul Fitri.

Dia menuturkan, proses penukaran uang akan dimulai di tiap bank memasuki hari ke-7 Ramadan. Untuk itu, Carlusa mengimbau masyarakat menukar uang ke bank, karena dipastikan rupiah yang ada adalah asli.

"Tidak hanya asli, uangnya juga baru semua," ucap Carlusa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.