Sukses

Lebak Jadi Tempat Pembuangan Penyandang Gangguan Jiwa?

Banyaknya penderita gangguan jiwa di Kabupaten Lebak, Banten bikin gerah Satpol PP setempat.

Liputan6.com, Lebak - Banyaknya penderita gangguan jiwa di Kabupaten Lebak, Banten bikin gerah Satpol PP setempat. Mereka menduga, wilayahnya telah dijadikan sebagai 'tempat pembuangan' orang-orang yang terkena gangguan jiwa.

"Saya minta kepada kabupaten dan kota lain di Banten maupun wilayah lain, tidak membuang orang gila ke Lebak," ujar Kasi Penegakan Peraturan Daerah (Perda) Satpol PP Kabupaten Lebak, Muhamad Rifai di Lebak, Banten, Rabu (18/5/2016).

Hal tersebut berdasarkan hasil razia yang dilakukan oleh Satpol PP Kabupaten Lebak yang menemukan para penderita gangguan jiwa dari daerah lain berkeliaran di wilayahnya.

"Dugaan itu mengerucut mengingat orang-orang gila bukanlah warga asli Kabupaten Lebak. Hingga tidak mungkin datang sendiri ke Lebak, kecuali dibuang dari kabupaten atau kota lain," tutur dia.

Karena dinilai meresahkan, maka Satpol PP setempat menertibkan para penyandang gangguan jiwa yang berkeliaran.

"Keberadaan mereka cukup meresahkan. Makanya hari ini kami tertibkan yang kerap berkeliaran di wilayah Rangkasbitung. Penertiban ini sesuai Perda No 17 Tahun 2006 tentang K3," ucap Rifai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.