Sukses

Festival Jejak Pattimura Bakar Semangat Jong Ambon

Peringatan hari Pattimura ke-199 pada 15 Mei 2016 dipusatkan di Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.

Liputan6.com, Ambon - Festival Jejak Pattimura digelar untuk membangkitkan semangat generasi muda Ambon. Dia meyakini kegiatan ini berdampak baik bagi generasi muda untuk membangkitkan semangat perjuangan pahlawan Maluku Kapitan Pattimura.

"Melalui kegiatan ini kita mencoba menceritakan ke generasi muda perjuangan Kapitan Pattimura melawan penjajah, semangat perjuangannya harus terus diperjuangkan melalui pendidikan serta kreativitas di berbagai bidang," kata Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru di Ambon, dilansir Antara, Jumat, 13 Mei 2016.

Dia mengatakan, pada era modern seperti saat ini, generasi muda cenderung melakukan hal-hal negatif tanpa mempertimbangkan dampak. Berbagai cara ditempuh untuk bertindak negatif tanpa memikirkan dampak, sementara di balik itu, masih banyak hal positif yang harus dilakukan demi masa depan.

"Kita bersyukur anak muda Ambon masih memiliki semangat perjuangan dengan mengikuti Festival Jejak Pattimura. Diharapkan semangat itu terus bergelora dalam seluruh jerih juang," kata Anthony.

Anthony mengatakan, peringatan Hari Pattimura ke-199 pada 15 Mei 2016 dipusatkan di Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.

"Seperti tahun sebelumnya, upacara peringatan hari pahlawan nasional Pattimura akan dilaksanakan di lapangan Merdeka Saparua Maluku Tengah," ujar dia.

Rangkaian kegiatan menyongsong peringatan Hari Pattimura dilakukan ziarah bersama ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapaha Tantui Ambon pada 14 Mei pukul 08.00 WIT, dilanjutkan dengan persiapan peserta upacara menuju Saparua.

Selanjutnya akan dilakukan prosesi pengambilan api di Gunung Saniri oleh tokoh adat dan agama negeri Tuhaha pukul 15.00 WIT, setelah itu obor akan diarak mengelilingi Pulau Saparua.

"Obor akan dibawa ke Baileo (rumah adat) Saparua serta Haria dan akan dilakukan prosesi adat, selanjutnya akan dibawa menuju Pantai Waisisil dan disemayamkan sebelum keesokan harinya dibawa menuju lapangan upacara," sebut Anthony.

Upacara peringatan hari Pattimura akan dilaksanakan pukul 09.00 WIT dengan inspektur upacara Gubernur Maluku Said Assagaff.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini