Sukses

UN Kelar, Ini Ritual Siswa SMP di Kampung Jokowi

Usai UN, puluhan siswa putra dan putri SMP Muhammadiyah 5 Solo berdiri berjejer di lapangan sekolah.

Liputan6.com, Solo - Puluhan siswa di SMP Muhammadiyah 5 Solo, Jawa Tengah melakukan sujud syukur dan pijat bareng pagi tadi. Aksi ini dilakukan para siswa di kampung Presiden Jokowi itu sebagai salah satu bentuk ucapan syukur atas selesainya Ujian Nasional (UN).

Kamis (12/5/2016), sekitar pukul 09.30 WIB, puluhan siswa putra dan putri dari perwakilan kelas IX SMP Muhammadiyah 5 Solo berdiri berjejer di lapangan sekolah. Mereka terbagi dalam empat baris.

Lantas guru sekolah mengawali acara dengan berdoa bersama. Setelah itu aba-aba untuk sujud bersama diberikan. Saat sujud, sang guru melantunkan doa.

Acara kemudian dilanjutkan dengan bersalaman dan mencium tangan guru. Para siswa tampak antusias. Begitu acara salaman selesai, giliran para siswa putra unjuk gigi.

Puluhan dari mereka melakukan pijat bareng. Mereka tampak tertawa lepas. Pijatan ini setidaknya bisa mengendurkan syaraf otot yang tegang saat mengikuti Ujian Nasional.

"Setelah tegang dengan sujud bersama dan pijat bareng ini membuat pikiran refresh, " tutur seorang siswa Danu Putra di Solo, Jateng.

Sekitar pukul 09.30 WIB, puluhan siswa putra dan putri SMP Muhammadiyah 5 Solo berdiri berjejer di lapangan sekolah. (Reza Kuncoro/Liputan6.com)

Sementara siswa lain, Ayu Praksaksi juga mengungkapkan perasaan gembiranya setelah UN selesai. "Perasaannya plong."

Wakasek Bidang Kesiswaan SMP Muhammadiyah 5 Solo Apriarti Purwaningsih mengatakan, acara ini sebagai wujud syukur atas lancarnya pelaksanaan UN Berbasis Komputer (UNBK) yang digelar sejak 9 Mei 2016.

"Mulanya sempat khawatir dengan ujian komputer. Tetapi setelah dilakukan empat kali simulasi, UN digelar tanpa halangan. Alhamdullilah berjalan aman dan tertib. Semoga hasil UN ini sesuai yang kita inginkan, lulus semua, " ucap Apriarti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini