Sukses

Unair Terima 2.098 Pendaftar Jalur SNMPTN

Bagi pendaftar yang berhasil lolos jalur SNMPTN di Unair, pendaftar wajib melaksanakan pra-pendaftaran ulang.

Liputan6.com, Surabaya - Penerimaan calon mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah diumumkan per 9 Mei 2016. Melalui jalur tersebut, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerima 2.098 calon mahasiswa baru jalur SNMPTN.

Berdasarkan data Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Unair, jumlah siswa pendaftar mencapai 18.993 orang. Jumlah calon mahasiswa baru Unair dari jalur SNMPTN ini berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Dari jumlah siswa pendaftar, sebanyak 3.563 orang di antaranya pendaftar Bidikmisi. Dari jalur Bidikmisi, jumlah calon mahasiswa yang berhasil diterima adalah 373 pendaftar atau sekitar 17,7% calon mahasiswa Unair jalur SNMPTN.

Wakil Rektor I Unair Djoko Santoso menyatakan, pemerataan calon mahasiswa Unair yang tersebar dari seluruh provinsi di Indonesia merupakan wujud Unair mengakomodasi siswa pendaftar dari seluruh daerah.

"Kalau memang hanya mensyaratkan kualitas pendaftar, paling kita hanya menerima 10 sampai 20 sekolah menengah atas saja, padahal sekolah pendaftar mencapai ribuan. Ini menunjukkan bahwa Unair merupakan tempat siswa siswi seluruh Indonesia," ujar Djoko, Senin, 9 Mei 2016.

Ia melanjutkan, bagi pendaftar yang berhasil lolos jalur SNMPTN di Unair, pendaftar wajib melaksanakan tahap selanjutnya, yakni pra-pendaftaran ulang dengan melakukan pengisian data secara lengkap dan benar.

Data yang harus diunggah antara lain ijazah/surat keterangan lulus, akte kelahiran, surat keterangan RT/RW, fotokopi kartu susunan keluarga orangtua/wali mahasiswa, fotokopi SPPT PBB tahun terakhir, fotokopi pembayaran rekening listrik dua bulan terakhir, dan fotokopi penghasilan bruto pekerjaan orangtua/wali.

"Dari unggahan dokumen dalam format PDF bisa dilakukan di laman regmaba.unair.ac.id mulai tanggal 11 – 17 Mei 2016 mendatang," ujar Djoko.

Calon mahasiswa baru jalur SNMPTN akan mendapatkan informasi perihal besaran tarif UKT setelah batas waktu unggah data pada 17 Mei 2016. Sedangkan, proses pendaftaran ulang baru bisa dilakukan pada 31 Mei 2016 bertepatan dengan tes tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pada tahun akademik 2016/2017 ini, Unair menerima mahasiswa baru sebanyak 5.225 orang. "Berdasarkan presentase, kuota SNMPTN dijatah sekitar 40%, dari jalur SBMPTN menerima 30%, dan dari jalur Mandiri sekitar 30%," kata Djoko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini