Sukses

Siapkan Uang Pas Sebelum Masuk Tol Cipali

Puncak arus balik libur panjang diperkirakan terjadi pada Minggu malam hingga Senin dini hari.

Liputan6.com, Cirebon - Sedikitnya, 50 ribu kendaraan roda empat memadati pintu Tol Plumbon 4 dalam arus balik libur panjang ini. Jumlah tersebut naik lima kali lipat dibandingkan hari biasa.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, kepadatan di tol tersebut terjadi sejak Sabtu malam, 7 Mei 2016 hingga Minggu (8/5/2016). Peningkatan jumlah kendaraan dari arah Jawa Tengah secara drastis itu tak pelak menimbulkan kemacetan.

Selain itu, kemacetan juga disebabkan kurangnya akses pintu masuk Tol Plumbon 4 serta banyak pengguna tol yang tidak menyiapkan uang pas.

"Diperkirakan puncak kemacetan dan kepadatan akan terjadi pada Minggu malam hingga Senin dini hari," ujar Kepala Shift Pengelola Tol Plumbon 4, Sugeng Wahyono.


Untuk itu, petugas tol bersiaga di area tol dibantu oleh Polres Cirebon Kabupaten. Sebanyak 205 personel polisi ditempatkan untuk berjaga di sejumlah titik rawan macet dan membantu mengantisipasi kemacetan.

Pengelola tol juga menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan. Jumlah gardu layanan tol juga ditambah tiga kali lipat dari biasanya.

"Kami sudah siapkan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan di tol," ujar Sugeng.

Layanan spesial juga disiapkan pengelola Tol Cipali dengan membagikan minuman kemasan. Pembagian dilakukan di depan pintu Tol Palimanan menuju Cikopo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini