Sukses

Diserbu Ribuan Wisatawan, Kota Batu Larang Kendaraan Besar Masuk

Angka kunjungan ke sejumlah obyek wisata di Kota Batu rata-rata 10.000 hingga 15.000 wisatawan per hari.

Liputan6.com, Malang - Obyek wisata dan hotel di Kota Batu, Jawa Timur, panen kunjungan selama momen libur panjang pekan ini. Diperkirakan hari  Sabtu (7/5) ini adalah puncak kepadatan wisatawan yang datang ke kota yang ada di kaki Gunung Panderman itu.
 
Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu mencatat okupansi di 70 hotel dengan jumlah kamar lebih dari 2.000 kamar mencapai 90 persen. Sedangkan angka kunjungan ke sejumlah obyek wisata rata-rata sebanyak 10.000 hingga 15.000 wisatawan per hari sejak Kamis 5 Mei kemarin.
 
"Bahkan banyak tamu yang tak kebagian kamar di hotel. Tamu pun banyak yang memilih menginap di villa dan home stay," kata Sekretaris PHRI Kota Batu, Titik S Ariyanto, Jumat (6/5/2016).
 
Batu memang menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Timur. Di kota ini, terdapat sejumlah obyek wisata buatan dan wisata alam.

Obyek wisata buatan itu misalnya kelompok Jawa Timur Park Grup yakni Jatim Park I, Museum Satwa dan Batu Secreet Zoo di Jatim Park II, Ecoo Green Park, Batu Night Spectaculer (BNS), Museum Angkut, Predator Park.

Sementara obyek wisata alam lainnya seperti Pemandian Air Panas Songgoriti, Taman Selecta, Agrowisata dan masih banyak lagi.
 
Kasat Lantas Polres Batu, AKP Inggit Prasetyanto mengatakan, ada lebih dari 67 personil kepolisian yang disiagakan di sejumlah titik untuk membantu mengurai kemacetan. Itu belum lagi ditambah dari personil dari Dinas Perhubungan dan lainnya.
 
"Kecuali pengangkut logistik dan bahan bakar, kendaraan besar dilarang masuk ke Kota Batu sampai Minggu besok," kata Inggit.
 
Sejauh ini belum ada laporan adanya kecelakaan lalu lintas di Kota Batu akibat kepadatan kendaraan. Diperkirakan, Sabtu besok volume kepadatan lalu lintas adalah puncaknya dan mulai banyak yang bergerak keluar dari Kota Batu.
 
"Senin depan kan sudah masuk ujian sekolah tingkat pertama. Mungkin besok sudah banyak yang balik," ucap Inggit.
 
Volume kendaraan yang masuk ke Kota Batu memang cukup tinggi. Berdasarkan data kendaraan yang masuk ke Kota Batu melalui pertigaan Karangploso, Kabupaten Malang pada Kamis 5 Mei kemarin saja tercatat ada 40 ribu motor, 12 ribu mobil dan sekitar seribu bus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini