Sukses

Monyet-monyet Sulawesi Turun ke Jalanan

Liputan6.com, Makassar - Puluhan kawanan monyet hitam jenis macaca maura khas Sulawesi bermunculan di Jalan Raya Poros Camba, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Monyet itu terihat menunggu pengendara yang melintas membuang makanan kepada mereka.

Beberapa diantaranya nekat mendekati manusia untuk meminta makanan dan sangat berani mengambil makanan dari tangan pengendara.

"Saya kasih langsung diambil. Rata-rata mereka berebutan saat makanan dibagikan bahkan mereka terlihat bertengkar ketika tidak mendapatkan makanan dari kawanannya," ujar Umar (38) saat melintas di jalan tersebut, dikutip Antara, Jumat (6/5).

Kawanan satwa dilindungi ini diketahui sebelumnya jarang menampakkan diri kepada manusia, sebab hidupnya hanya bergantung hasil hutan karst dii wilayah Kabupaten Maros dan Pangkep, Susel.

Kuat dugaan stok makanan di dalam hutan sudah mulai habis, sehinggga satwa ini mulai keluar hutan untuk mencari makanan. Karena keseringan mendapat makanan dari pengendara yang melintas akhirnya menjadi rutinitas.

"Biasanya kalau pagi menjelang siang dan sore menjelang malam para monyet ini keluar di pinggir jalan. Kadang-kadang menjadi tontonan pengendara saat melintas dan dikasih makanan baik itu buah dan makanan instan lainnya," ujar Aco salah satu warga sekitar.

Berdasarkan pengamatan beberapa monyet tersebut terlihat terluka pada bagian pantat dan tubuhnya. Terlihat bekas sayatan benda tajam.

Kemungkinan itu dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Diketahui populasi hewan tersebut mulai berkurang yang sebelumnya diperkirakan mencapai 4 ribu ekor lebih.

Selain itu tidak terlihat adanya petugas margasatwa maupun pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Maros untuk melakukan rehabilitas terkait dengan populasi hewan ini yang bisa saja terancam punah karena tidak ada perhatian khusus.

Hal ini terbukti banyaknya monyet yang dikenal dengan nama lokal 'dare' ini mencari makanan bukan pada tempatnya dan mengandalkan makanan yang diberikan manusia saat melintas di tempat itu.

"Pemda Maros perlu memperhatikan secara serius, begitupun petugas margasatwa. Bisa saya monyet-monyet itu menyerang manusia apabila tidak diberikan makanan," ucap Iqbal, seorang aktivis lingkungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini