Sukses

Pulau Eksotis di Takalar Sulsel Gelar Festival Seru 2 Minggu Lagi

Pulau eksotis itu bisa dijadikan rekomendasi spot menyelam maupun snorkeling karena air laut yang jernih dan keberadaan karang biotanya.

Liputan6.com, Takalar - Pemerintah Kabupaten Takalar yang didukung Pemerintah Provinsi Sulsel dan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia akan menggelar Festival Pesona Pulau Sanrobengi pada tanggal 20-22 Mei 2016 mendatang.

Festival yang ketiga kalinya ini akan dipusatkan di Pulau Sanrobengi di Desa Boddia Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Sulsel yang dikenal dengan keindahan pulau alami berpasir putih serta alam bawah laut yang menakjubkan.

Bupati Takalar Burhanuddin Baharuddin berharap ajang promosi wisata Kabupaten Takalar tersebut dapat berjalan lebih sukses dari festival sebelumnya.

Adapun dalam festival nantinya, selain peserta dapat menikmati keindahan alam pulau Sanrobengi, juga dapat menikmati berbagai budaya masyarakat adat setempat. Di antaranya lomba perahu atau jolloro, lomba tarik tambang Perahu, lomba menghias perahu, lomba fotografi, lomba Angngaru, dan lomba Tunrung Pakanjara.

Tak hanya itu, Bur, sapaan akrab Burhanuddin, mengungkapkan ada pula atraksi dan hiburan yang disajikan buat peserta, yaitu ritual Keselamatan Pelaut Takalar yang disebut Patorani, Pementasan Tari Paraga, Tari pepe’ka Rimakka, Pesta kembang api, pemecahan Rekor MURI terkait terbanyak makan telur ikan Terbang, dan Kemah Pesisir.


"Kami berharap kegiatan tahunan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Kabupaten Takalar, khususnya Pulau Sanrobengi," kata Bur, Rabu, 4 Mei 2016.

Bur mengakui dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kegiatan nasional tersebut, akan menciptakan peningkatan ekonomi, khususnya untuk masyarakat Kabupaten Takalar.

"Ajang ini juga menjadi ruang untuk promosi potensi serta produk ekonomi kreatif masyarakat, investasi daerah, program dan hasil pembangunan pemerintah Kabupaten Takalar," jelas Bur.

Bur menjelaskan, Festival Pesona Pulau Sanrobengi ini adalah upaya nyata Pemerintah Kabupaten Takalar untuk menciptakan spot destinasi wisata baru berbasis pemberdayaan masyarakat lokal serta upaya melestarikan kebudayaan masyarakat di pesisir Kabupaten Takalar sebagai komoditas pariwisata untuk peningkatan ekonomi masyarakat lokal.

Pulau Sanrobengi menawarkan liburan alternatif dengan konsep alami. Selain dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan wisata seperti berenang, menyelam, berjemur, memancing, membakar ikan segar, dan berbagai kegiatan laut lainnya.

Pulau eksotis itu juga bisa dijadikan rekomendasi spot menyelam maupun snorkeling karena air laut yang jernih dan keberadaan karang biotanya yang dapat memanjakan mata. Beberapa fasilitas umum juga telah tersedia seperti toilet, gazebo, lapangan futsal, permainan anak-anak dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.