Sukses

Libur Panjang, ke Karimunjawa Saja

Jadwal penyeberangan ke Karimunjawa ditambah, cuaca juga sedang bersahabat.

Liputan6.com, Jakarta Jadwal keberangkatan kapal motor penumpang yang melayani jasa penyeberangan dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menuju Pulau Karimunjawa ditambah menyusul membeludaknya jumlah wisatawan yang hendak berlibur ke Karimunjawa.

"Awalnya, jadwal keberangkatan kapal penyeberangan ke Karimunjawa untuk Express Bahari hanya empat kali keberangkatan dari Pelabuhan Jepara menuju Karimunjawa, kini bertambah," kata Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Jepara Sutana di Jepara, dikutip Antara, Rabu 4 Mei 2016.

Biasanya jadwal keberangkatan kapal cepat tersebut menuju Karimunjawa setiap Senin, Selasa, Jumat, dan Sabtu, sedangkan dari Karimunjawa menuju Jepara setiap Senin, Rabu, Sabtu dan Minggu. Sementara penambahan jadwal keberangkatannya pada Rabu sekali keberangkatan dan Kamis dua kali keberangkatan.

Adapun kapasitas penumpang untuk Kapal Motor Penumpang (KMP) Siginjai sebanyak 260 penumpang, sedangkan Expres Bahari sebanyak 410 penumpang. Untuk jadwal keberangkatan KMP Siginjai dari Pelabuhan Kartini Jepara, yakni pada Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu, sedangkan dari Karimunjawa, yakni Selasa, Kamis, Jumat dan Minggu.

Membeludaknya calon penumpang yang hendak melakukan liburan ke Karimunjawa tanpa mendapatkan informasi lebih soal pembelian tiket, membuat banyak penumpang yang datang langsung ke Pelabuhan Jepara tidak bisa membeli tiket karena habis dipesan.

Sutana memperkirakan, banyak calon penumpang yang membeli tiket via online, sehingga wisatawan yang belum memesan tidak mendapatkan tiket. Untuk mengatasi banyaknya calon penumpang yang hendak berwisata ke Karimunjawa tidak mendapatkan tiket, akhirnya jadwal keberangkatan kapal ditambah, khususnya Express Bahari.

Saat ini, kata dia, tidak ada lagi calon penumpang yang menunggu di pelabuhan karena sudah terangkut kapal, baik Si Ginjai maupun Express Bahari.

Liburan panjang akhir pekan ini, kata dia, memang didukung dengan cuaca Laut Jepara yang cukup baik. Karena ketinggian gelombang laut kurang dari 1 meter, sedangkan kecepatan angin sekitar 15-an knot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.