Sukses

Beruang Madu Teror Warga Kampung Halaman Zumi Zola

Seorang warga di kampung halaman Zumi Zola jadi korban teror beruang madu.

Liputan6.com, Jambi - Warga di kampung halaman Gubernur Jambi Zumi Zola, yakni di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), resah. Penyebabnya adalah seekor beruang liar yang tiba-tiba menyerang warga.

Berdasarkan informasi yang diterima Liputan6.com, Induk Uming, warga Desa Mencolok, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjabtim pada Minggu, 1 Mei 2016 menjadi korban teror beruang tersebut. Bagian wajah perempuan 40 tahun itu mengalami luka serius usai dicakar beruang.

Kejadian tersebut bermula saat Induk Uming berada di tengah kebun sawit miliknya pada Minggu sore sekitar pukul 16.00 WIB. Korban yang saat itu tengah melihat kebun sawit miliknya tiba-tiba diserang beruang. Namun, korban bisa melepaskan diri dan meminta tolong kepada warga.


"Korban oleh keluarga langsung ditolong dan dilarikan ke rumah Puskesmas Simpang Tuan," ujar Kanit Intel Polsek Mendahara Ulu, Fadlan, di Muarasabak, Ibu Kota Kabupaten Tanjabtim, Senin, 2 Mei 2016.

Sementara itu, Kepala BKSDA Wilayah III Kabupaten Tanjabtim Farid mengatakan, dari bekas cakaran diduga beruang tersebut adalah beruang dewasa jenis beruang madu. "Warga kami minta waspada. Jangan melakukan aktivitas sendirian dan tidak berada dekat semak-semak karena itu habitat beruang," kata Farid.

Farid juga mengimbau apabila akan beraktivitas atau sekedar melihat kebun jangan terlalu sore. Imbauan itu berdasarkan waktu saat beruang menyerang korban, yakni sore hari sekitar pukul 16.00 WIB.

"Kita (BKSDA) akan mengirim tim ke lokasi untuk menangkap beruang tersebut. Jika sudah tertangkap kita akan tempatkan di kebun binatang atau dilepas di dalam hutan yang jauh dari pemukiman warga," ujar Farid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.