Sukses

Jangan Sembarangan Tebang Pohon di Bone Bolango

Larangan tebang pohon untuk menjaga lingkungan Bone Bolango.

Liputan6.com, Bone Bolango - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango tengah menyiapkan peraturan bupati (Perbup) terkait larangan penebangan pohon, terutama di jalur hijau, jalan by pass Prof BJ Habibie, dan lokasi tertentu.

"Aturan ini nantinya sangat tegas termasuk ada sanksinya. Karena kondisi pohon sebagai penyangga lingkungan hijau di daerah mulai hilang," kata Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, dikutip Antara, Senin (2/5).

Aturan ini nantinya juga untuk mendukung target pemerintah kabupaten setempat untuk meraih penghargaan Adipura dari pemerintah pusat. Kabupaten Bone Bolango belum pernah mendapat piala Adipura dan baru sebatas sertifikat.

"Namun bicara kehijauan kota sebenarnya tidak kalah dengan daerah lainnya. Karena dukungan pemerintah untuk kebersihan dan penataan lingkungan sangat nyata dilakukan," kata Hamim.

Sasaran utama aturan ini agar jalan by pass BJ Habibie yang menghubungkan Kecamatan Kabila ke perkantoran pemerintahan setempat tetap asri.

"Tidak ada yang berani menebang pohon di jalur itu, disitu akan ada pengawasan secara optimal," katanya.

Salah satu warga Kabila, Adi P., mengapresiasi atas ketegasan pemerintah setempat menindak pelaku penebangan pohon sembarangan.

"Beberapa wilayah di Bone Bolango butuh jalur hijau, karena kondisi pemanasan global saat ini cukup memprihatinkan. Panas berkepanjangan selalu melanda Provinsi Gorontalo," kata Adi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini