Sukses

Aksi Unik Buruh Cirebon Rayakan May Day

Peringatan May Day tak melulu harus turun ke jalan. Ada kegiatan unik para buruh di Cirebon dalam melangsungkan perayaan ini.

Liputan6.com, Cirebon - Peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day umumnya digelar dengan aksi turun ke jalan. Para buruh berorasi menyuarakan aspirasi mereka terkait peningkatan kesejahteraan.

Namun aksi berbeda dilakukan para buruh di Cirebon, Jawa Barat. Mereka lebih memilih kegiatan unik untuk berkumpul sesama buruh.

"Kita menggelar lomba mancing bersama buruh untuk perayaan hari buruh Internasional yang jatuh hari ini," kata Kapolresta Cirebon AKBP Eko Sulistyo Basuki, Minggu (1/5/2016).

Lomba mancing bersama jajaran Polres Kota Cirebon tersebut diikuti sekitar 300 buruh berasal dari berbagai perusahaan di Cirebon.

Selain lomba mancing, juga dilakukan potong tumpeng sebagai bentuk syukuran serta pembagian hadiah yang disiapkan untuk peserta lomba memancing.

 

Eko mengungkapkan alasan kegiatan tersebut. Memancing dianggap kegiatan yang sangat disukai banyak orang, bahkan ada yang menjadikan memancing sebagai hobi. "Peringatan hari buruh tidak hanya dilakukan dengan demo tapi juga bisa dalam bentuk lain," imbuh dia.

Kendati demikian, pihaknya tak lengah menjaga kondisi di Cirebon. Jajaran kepolisian tetap Siaga I untuk menjaga keamanan di setiap titik yang dianggap rawan. "Kita siaga satu untuk peringatan May Day yang diselenggarakan hari ini," kata Eko.

Sementara seorang buruh yang mengikuti acara lomba mancing mania, Irwan menuturkan, peringatan hari buruh dengan acara lomba mancing mania bersama Polresta ini sangat positif.

Kegiatan ini, kata dia, sudah dilakukan setiap tahun. Pada kali ini, sudah memasuki tahun keempat.

"Peringatan hari buruh tidak perlu dengan melakukan aksi unjuk rasa, tapi kami lebih baik kumpul dan saling tukar pikiran," ucap Irwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.