Sukses

Top 3: Hobi Pangeran Diponegoro yang Asyik

Liputan6.com, Semarang - Setiap orang memiliki hobi, termasuk sosok yang sangat heroik dan berbalut mitos seperti Pangeran Diponegoro. Tak banyak yang tahu sisi personal salah satu lawan penjajah Belanda yang paling sulit ditaklukkan ini.

Dari penelusuran sejarawan, terungkap banyak sisi menarik dari sang pangeran. Sepanjang hari ini cerita tentang daftar hobi Pangeran Diponegoro menyita perhatian pembaca Liputan6.com, terutama di kanal Regional, Jumat (29/4/2016).

Berita lainnya yang tak kalah diburu adalah rahasia kelezatan soto yang laku keras hingga terjual 200 mangkuk sehari dan tertangkapnya terduga penembak misterius di Magelang.

Berikut berita-berita terpopuler yang terangkum dalam Top 3 Regional:

1. Daftar Hobi Pangeran Diponegoro, dari Catur sampai Kretek  

Foto ilustrasi dan lukisan tentang Pangeran Diponegoro (Foto koleksi Peter Carey)

Sejarawan Peter Carey mencatat fakta-fakta tentang Pangeran Diponegoro, termasuk sisi personalnya yang menarik. 

Pangeran Diponegoro dikenang sebagai pahlawan nasional sekaligus penentang penjajah Belanda yang paling sulit ditaklukkan.

"Pertemuannya" dengan Pangeran Diponegoro adalah saat dia mencari referensi penulisan Revolusi Prancis.

Dari beberapa fakta yang ia temukan tentang sisi personal sang pengaeran, pemilik nama kecil Bendoro Raden Mas Ontowiryo ini ternyata suka sekali bermain catur.

Lawan tanding favoritnya adalah perempuan bangsawan, Raden Ayu Danukusumo, seorang janda yang merupakan ibu dari mantan Perdana Menteri Yogyakarta, Danurejo II (terbunuh 31 Oktober 1811). 

Hobinya yang lain adalah suka merokok dan mampu mengutuk orang dari jarak jauh.

Selengkapnya...

2. Rahasia Soto Sriyono yang Laku 200 Mangkok Sehari

Warung sederhana soto Sriyono juga menjual gulai dan nasi sayur. (Liputan6.com/Fathi Mahmud)

Setiap sudut kota-kota besar yang ada di nusantara memiliki ciri khasnya masing-masing. Baik itu dari sisi budaya dan adat istiadatnya bahkan kulinernya.

Salah satu contohnya di kota Yogyakarta. Bicara soal kuliner yang dihasilkan dari kota para pelajar ini, soto menjadi pilihan makanan yang paling digemari banyak orang.

Salah satunya soto RM Waras Wareg yang berada di Jalan Bumijo Tengah No. 5, Kecamatan Jetis, Yogyakarta.

Sriyono, si pemilik warung makan sederhana itu mengaku bisa menjual 200 mangkok dalam sehari.

Ia berpendapat, kesukaan pelanggan datang ke warungnya adalah karena rasa dan porsi sotonya. Sementara resep sotonya, Sriyono mengaku mendapatkannya secara turun temurun.

Selengkapnya...

3. Polisi Tangkap Terduga Penembak Misterius Magelang

Polisi gelar olah TKP kasus penembakan misterius hingga semalaman.

Kepolisian Resor Magelang Kota menangkap seorang terduga penembakan misterius di Magelang berinisial S, warga Rejosari, Kelurahan Magersari, Kota Magelang, Jawa Tengah.

"Adiknya yang kami cari tidak ada. Adiknya bernama SST baru dua bulan lalu keluar dari lembaga pemasyarakatan karena kasus penganiayaan," kata Edi di Magelang, dilansir Antara, Jumat (29/4).

Ia menjelaskan S ditangkap di rumahnya sedang memakai sabu. S memiliki senapan angin dan barang tersebut sudah diamankan petugas.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini