Sukses

Awas, 3 ABG Jadi Perompak di Sungai Landak

Para perompak tertangkap saat beraksi di atas kapal tongkang di daerah Sungai Ambawang Kuala, Kabupaten Kubu Raya.

Liputan6.com, Kubu Raya - Sekelompok anak baru gede (ABG) nekat menjadi anak buah perompak dan memalak sejumlah kapal yang melintasi Sungai Landak, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat. Perompak itu tidak segan-segan menodongkan senjata tajam.

Salah satunya dialami sebuah kapal tunda (tugboat). "Pelaku meminta paksa bahan bakar minyak (BBM) dengan menggunakan senjata tajam. Telah ditindaklanjuti dengan menangkap sejumlah pelaku," kata Pjs Kepala Bidang Humas Polda Kalbar AKBP Badarudin, di Kota Pontianak, Kamis, 28 April 2016.

Badarudin menjelaskan, empat perompak kini ditahan polisi. Mereka adalah Syaiful (24), RF (14), Edo (14), JR (14) dan Il (16). Adapun tiga perompak lainnya berhasil kabur dan hingga saat ini masih dalam pengejaran petugas.

Badarudin menerangkan, para perompak tertangkap saat beraksi di atas kapal tongkang di daerah Sungai Ambawang Kuala, Kabupaten Kubu Raya. Saat hendak ditangkap, perompak atas nama Saiful sempat melawan dan berlari di atas kapal tongkang.

"Diberi tembakan peringatan dan tersangka terpeleset. Dan tersangka ini mengalami bocor kepala. Untuk selanjutnya dibawa ke RS Bhayangkara," kata Badarudin.

Dalam penangkapan ABG itu, polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa mesin Speed 40 PK, sampan bermesin, pisau dan parang, dua buah jerigen ukuran 35 liter, satu buah jerigen ukuran 20 liter, dan dua buah jeriken ukuran 5 liter.

"Saat ini para pelaku sedang dalam pemeriksaan Subdit Gakkum Polda Kalbar," kata Badarudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.