Sukses

Kisah Aksi Tendang Kucing Berbuah Kerja Sosial

Seorang mahasiswa sengaja menendang kucing yang sedang diam hingga tercebur ke danau.

Liputan6.com, Surabaya - Dunia maya sempat digemparkan oleh ulah dua mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) bernama Michael Geraldo dan Billy Halim. Mereka sengaja merekam aksi menendang seekor kucing yang sedang diam di pinggir jembatan hingga tercebur ke air dan mengunggahnya ke media sosial.

Kejadian itu menuai kecaman dari para penyayang kucing hingga mereka mengajukan petisi online di Change.org. Dalam laman itu, sebuah akun bernama Cat Lover mengunggah petisi berjudul "Hukum Michael Geraldo - Penendang Kucing ke Sungai!" demi meminta pertanggungjawaban si penendang kucing.

Petisi juga ditembuskan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Kapolda Jatim Irjen Anton Setiadji dan Rektor Ubaya Joniarto Parung. Petisi yang dimulai sejak seminggu lalu itu telah mendapatkan 16.637 pendukung.

Atas kejadian tersebut, kedua mahasiswa tersebut telah mengakui kesalahannya dan meminta maaf serta bersedia kerja sosial di penampungan kucing selama satu bulan. Hal itu berdasarkan mediasi yang difasilitasi Ubaya dengan kedua mahasiswa dan Cat Lover selaku inisiator petisi.  

"Hasil mediasi tersebut, Michael dan Billy mengakui kesalahannya dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Dan mereka berdua juga bersedia membantu di penampungan kucing selama 1 bulan," tutur Humas Ubaya Hayuning Purnama Dewi, Kamis (28/4/2016).

Hayuning mengatakan kejadian tersebut tidak terjadi di wilayah kampus Ubaya. Ia menyampaikan, mediasi tersebut diselesaikan dengan beberapa poin surat pernyataan. Pertama, mereka memohon maaf atas perbuatannya menendang kucing kepada masyarakat, khususnya para pecinta kucing.
 
"Mereka berdua juga sudah sadar bahwa hewan tidak boleh diperlakukan dengan kasar sehingga menyebabkan cedera seperti dipukul, ditendang, dicambuk, ditarik, diinjak, dan lainnya," ucap Hayuning.

Poin lainnya menyebutkan kesediaan Michael dan Billy untuk mengikuti kegiatan sosial bermanfaat yang berhubungan dengan hewan, seperti berkunjung ke shelter yang didampingi pecinta hewan. Mereka berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan kasar terhadap hewan.

"Mereka berdua juga mengakui perbuatannya berdampak buruk bagi lingkungan dan memberikan contoh yang buruk bagi masyarakat secara luas," ujar Hayuning tanpa menyebutkan nama pusat penampungan hewan itu.

Sebelumnya, beredar video yang diunggah di media sosial dengan durasi sekitar 10 detik. Dalam video tersebut, Michael yang saat itu mengenakan baju putih dan celana pendek hitam terlihat menendang kucing hingga jatuh ke air.

Sedangkan, Billy merekam kejadian tersebut dan sempat mengatakan kata-kata kotor ketika merekam peristiwa tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini