Sukses

Kabupaten Ini Olah Tinja Warganya Jadi Penyubur Tanah

Fasilitas daur ulang tinja itu akan berada di dekat TPA setempat.

Liputan6.com, Mukomuko - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, memprogramkan pengolahan lumpur tinja warga masyarakat setempat menjadi pupuk kompos sehingga dapat menyuburkan tanaman di daerah itu.

"Kalau sudah ada instalasi pengolahan lumpur tinja di daerah ini, selanjutnya tinja itu diolah menjadi pupuk kompos," kata Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mukomuko Yosetia Persada di Mukomuko, dilansir Antara, Jumat, 22 April 2016.

Ia mengatakan, dengan keberadaan instalasi itu tidak ada lagi tinja dibuang percuma. Semuanya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, terutama petani tanaman pangan dan perkebunan di daerah itu.

Pembangunan instalasi pengolahan lumpur tinja akan dilaksanakan pada 2017, termasuk pengadaan kendaraan untuk penyedot tinja warga. Usulan pembangunan instalasi itu sudah diakomodasi pemerintah pusat pada tahun ini.

Pemerintah menyiapkan lahan seluas satu hektare untuk lokasi pembangunan instalasi pengolahan lumpur tinja warga.

"Tahun ini kita siapkan dahulu lahannya seluas satu hektare. Lahan untuk pembangunan instansi pengolahan limbah tinja tersebut cukup luas," ujar Yosetia.

Ia mengusulkan, lahan untuk instalasi tersebut dekat dengan tempat pembuangan akhir sampah (TPA) di satuan pemukiman (SP) tiga Desa Selagan Jaya. Alasannya karena instalasi dan TPA memiliki fungsi yang sama.

Selain itu, sambung dia, lokasi lahan di SP tiga tersebut berada jauh dari pemukiman penduduk sehingga tidak mencemari sungai di wilayah tersebut. Di instalasi itu akan tersedia fasilitas bak pengolah tinja, tempat penampungan, dan pembuangan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini