Sukses

Mendes Minta Perempuan Aktif dalam Pembangunan Desa

Kelompok perempuan ini juga bisa membuat taman bacaan dan pengembangan PAUD Ddan pengembangan usaha ekonomi kreatif dan ekonomi.

Liputan6.com, Paser - Menghadiri hari kesatuan gerak pembinaan kesejahteraan keluarga (HKG PKK) ke 44 se Kalimantan Timur, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tinggal dan Transmigrasi (Mendes PTT), Marwan Jafar mengingatkan pentingnya peranan perempuan dalam perencanaan pembangunan desa. 
 
"Menurut Marwan, kualitas pembangunan desa akan sangat ditentukan oleh hasil musyawarah desa," ujar Marwan, di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Kamis (21/4/2016).
 
Kementerian dalam hal ini juga telah mengatur pedoman tata tertib dan mekanisme pengambilan keputusan musyawarah desa seperti yang tertuang dalam Permendesa No.2 tahun 2015.
 
"Termasuk soal keterlibatan kaum perempuan dapat mewarnai dalam pengambilan keputusan kebijakan bisa melalui PKK," ujar Marwan.

Marwan mencontohkan, peranan strategis PKK dalam membangun desa salah satunya adalah melakukan kegiatan pembinaan remaja dan lansia.
 
"Selain itu kelompok perempuan ini juga bisa membuat taman bacaan dan pengembangan PAUD Ddan pengembangan usaha ekonomi kreatif dan ekonomi lainnya," ucap Marwan.

 
Marwan juga menjelaskan perubahan strategi dalam mekanisme penyaluran dana desa sesuai Peraturan Menteri ni 46 tahun 2016, menyebutkan bahwa penyaluran dana desa akan dilakukan dengan dua tahap. "Penyaluran pertama dilakukan pada Maret 60% dan Agustus pada 40 %," jelas Marwan. 
 
Selain terkait penyaluran dana desa, peraturan menteri tersebut, lanjut Marwan juga mengatur beberapa poin strategis salah satunya adalah syarat penyaluran dana desa.
 
"Syarat penyaluran dana desa hanya dengan peraturan desa (Perdes) tentang APBDes tentang anggaran berjalan dan laporan realisasi penggunaan dana desa tahap sebelumnya," tutup Marwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.