Sukses

Polresta Kendari Amankan Naskah Ujian Nasional SMP

Jumlah naskah ujian yang diterima sebanyak 63 karung dalam 92 dus dan naskah ujian susulannya sebanyak tiga dus.

Liputan6.com, Kendari - Puluhan karung naskah Ujian Nasional (UN) SMP sederajat kini diamankan di Polresta Kendari sebelum didistribusikan ke sejumlah daerah di Sulawesi Tenggara.

Khusus di Kota Kendari, naskah soal ujian SMP/Sederajat yang didistribusikan tersebut langsung diamankan di Polres Kendari. UN itu nantinya akan diambil saat pelaksanaan ujian nasional.

Ketua Panitia UN Tingkat Kota Kendari, Hasyim mengatakan naskah ujian nasional tingkat SMP/Sederajat yang diterima dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara itu, untuk saat ini disimpan di Polres Kendari. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran soal UN.

"Kami baru saja menerima naskah ujian nasional untuk tingkat SMP/sederajat dari dinas pendidikan provinsi untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari, dan naskah yang kami terima kini masih dalam pengawasan Polres Kendari," ucap Hasyim, Rabu (20/4/2016).


Dia mengungkapkan jumlah naskah ujian yang diterima sebanyak 63 karung dalam 92 dus dan naskah ujian susulannya sebanyak tiga dus.

Hasyim mengatakan, sebelum pelaksanaan ujian nasional, naskah soal ujian terlebih dahulu akan diperiksa  sebelum diterima setiap sekolah. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kesalahan dalam ujian nasional nantinya.

Berdasarkan data dari panitia Ujian Nasional tingkat SMP/sederajat di Kota Kendari, jumlah penyelenggara ujian nasional sebanyak 52 sekolah yang meliputi 24 sekolah SMP Negeri, 14 SMP Swasta dan MTS negeri dan swasta sebanyak 14 sekolah.

Sedangkan, jumlah peserta ujian nasional tingkat SMP/sederajat sebanyak 5.712 orang siswa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini