Sukses

Di Kota Ini Kaum Perempuan Lebih Dipercaya Dapat Pinjaman

Kaum perempuan di sini dipercaya membawa pulang uangnya utuh sesuai yang diterima.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, memprioritaskan kaum perempuan untuk mendapatkan bantuan permodalan dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Kredit Mikro.

"Alasan kami memprioritaskan kepada kaum perempuan, karena berdasarkan pengalaman maka kaum ibu-ibu lebih bertanggung jawab terhadap keluarga dibanding kaum laki-laki," kata Wali Kota Kendari, Asrun, seperti dikutip Antara, Senin 18 April 2016.

Ia mencontohkan, seorang ibu kalau mendapatkan uang Rp 1.000 dari usahanya maka dana itu akan dibawa pulang utuh di rumah. Sedangkan kalau laki-laki meskipun mendapat uang Rp 100 ribu, belum tentu dibawa pulang utuh di rumah.

"Untuk itu, kami memberikan perlakuan istimewa kepada kaum ibu yang memiliki usaha mikro kecil yang ingin mendapatkan bantuan modal melalui BLUD Kredit Mikro," kata Asrun

BLUD Kredit Mikro adalah lembaga keuangan mikro yang dibentuk oleh Pemkot Kendari yang bertugas menyalurkan bantuan modal kepada pelaku UMKM. Bantuan itu syaratnya sangat mudah karena tanpa agunan dan proposal, yang penting memiliki KTP Kendari dan usaha mikro yang jelas.

Jumlah bantuannya dari Rp 500 ribu sampai Rp 5 juta per kelompok. "Bantuan itu sifatnya bergulir untuk anggota kelompok," kata Asrun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini