Sukses

Di Hadapan Kades, Mendes Minta Dana Desa Jauh dari Kontraktor

Liputan6.com, Semarang - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal‎ dan Transmigrasi (Mendes PTT) Marwan Jafar meminta, sebaiknya dana desa tidak diserahkan kepada pihak ketiga atau kontraktor.

Menurut dia, ‎dana desa harus dimanfaatkan sepenuhnya oleh warga desa, sehingga pemanfaatan dana tersebut langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Pembangunan infrastruktur desa yang bersumber dari dana desa baiknya tidak diserahkan ke pihak ketiga atau ke kontraktor," ujar Marwan, saat melakukan kunjungan ke kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/4/2016).


Menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu meminta agar masyarakat menggunakan sumber daya asli desa, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya untuk memanfaatkan dana desa.

"Masyarakat harus bergotong royong dalam pembangunan tersebut," ujar Marwan.  

Marwan juga menekankan pentingnya membangun infrastruktur desa. Ia menjelaskan, pembangunan infrastruktur desa sebagai salah satu meningkatkan perekonomian desa sebagaimana cita-cita pemerintahan Presiden Jokowi membangun Indonesia harus dimulai dari desa.

"Presiden sudah jelaskan, tujuan dari dana desa ini adalah penyerapan tenaga kerja. Kemudian memperkuat pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan," jelas mantan wakil ketua komisi V DPR RI tersebut.

Dalam acara tersebut, selain dihadiri H. Nazar Mundzirin, juga dihadiri oleh semua kepala desa sekabupaten Semarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini