Sukses

Menantu Dikabarkan Terlibat Narkoba, Ini Kata Sultan Jogja

Sultan HB X sudah mendengar isu menantunya terlibat narkoba empat hari lalu.

Liputan6.com, Yogyakarta - Beberapa hari terakhir warga Yogyakarta dihebohkan dengan broadcast menantu Sultan HB X, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Wironegoro, ditangkap BNN. Broadcast tersebut menjelaskan KPH Wironegoro ditangkap BNN karena menggunakan narkoba.

Namun, isu lewat broadcast tersebut dibantah langsung Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Yogyakarta Sultan HB X. Menurut Sultan, kabar tersebut hanya isu kosong semata.

"Endak sudah saya tanya enggak. Clear. Hanya isu," ujar Sultan di Yogyakarta, Senin (11/4/2016).

Sultan memandang isu yang disebar lewat broadcast di beberapa warga dan wartawan itu merupakan upaya menjatuhkan nama baik menantunya. Sultan mengetahui isu tersebut empat hari lalu.


"Kita tahu lah (upaya menjatuhkan). Saya sudah tahu empat hari yang lalu kok. Nanti sudah ketemu yang bersangkutan. Percoyo to. Mungkinlah (konspirasi)," ujar Sultan.

Sultan mengaku isu ini bukan terkait Pilwalkot Yogya. Walaupun tahu isu itu akan tersebar, ia tidak akan mengambil jalur hukum terkait pencemaran nama baik.

"Endak, dia nggak mau maju. Ya pokoknya saya sudah tahu kalo mau di-publish. Polisi sudah bantah. BNN sudah bantah. Endaklah (upaya hukum) nanti malah jadi masalah," kata Sultan lagi.

Sementara itu, KPH Wironegoro mengatakan jika broadcast yang tersebar itu cukup membuatnya hati-hati dalam berbicara ke publik. Ia bahkan mengambil sikap diam terkait isu melalui broadcast yang tersebar.

"Seperti yang saya sampaikan terakhir. Maaf saya lebih baik diam dulu nggih (ya)," ujar Wironegoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.