Sukses

Tenggelam Saat Tsunami, Pulau di Aceh Muncul Lagi

Dari tiga pulau yang tenggelam saat tsunami Aceh, satu pulau kini muncul lagi.

Liputan6.com, Singkil - Pulau Jejawi di Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, yang sempat hilang tenggelam saat gempa bumi dan tsunami akhir Desember 2004, kini sudah mulai timbul kembali ke permukaan. Warga mulai menanam pohon kelapa di pulau itu.

Camat Pulau Banyak Barat, Hasbi mengatakan, ada tiga pulau di wilayah Kepulauan Banyak yang tenggelam pada saat gempa bumi dan bencana tsunami. Namun kini udah timbul kembali.

"Tiga pulau yang tengelam akibat tsunami adalah Pulau Jejawi, Pulau Maleno, dan Pulau Gosong Sianje. Jadi, beberapa tahun terakhir Pulau Jejawi ini sudah timbul kembali setelah tenggelam sekitar 10 tahun lebih," kata Hasbi, dilansir Antara, Jumat (8/4/2016)


Ia mengatakan tiga pulau yang tenggelam akibat gempa bumi dan gelombang tsunami tersebut tidak dihuni manusia. Pulau-pulau itu hanya ditumbuhi tanaman pepohonan seperti kelapa dan pohon-pohon lainnya.

"Kalau Pulau Sianje belum timbul, namun pada saat terjadi pasang surut, pipa bor minyak milik Pertamina yang dibangun tahun 1973 di atas hamparan Pulau Sianje itu terkadang kelihatan," ujarnya.

Hasbi menyebutkan, jumlah pulau besar kecil di kawasan Kepulauan Banyak sekitar 71 pulau, namun saat gempa bumi dan gelombang tsunami, 3 pulau tenggelam.

"Jadi, sekarang jumlah pulau di kawasan gugus Kepulauan Banyak sekitar 68 pulau lagi termasuk dengan Pulau Setan. Jadi, 28 pulau masuk dalam Kecamatan Pulau Banyak Barat dan 40 pulau masuk ke wilayah Kecamatan Induk Pulau Banyak," kata Hasbi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini