Sukses

Maji Si Badak Putih Langka Lahir di Bali

Badak langka warna putih ini sudah masuk daftar merah. Hanya ada satu di Indonesia.

Liputan6.com, Denpasar - Seekor bayi badak putih Afrika yang merupakan hewan langka lahir di Bali Safari and Marine Park di Kabupaten Gianyar. Tempat itu adalah lokasi konservasi satwa yang mulai terancam punah.

"Bayi badak putih itu lahir normal dan alami tanpa campur tangan manusia. Proses persalinananya  terpantau melalui kamera pengawas atau CCTV," kata Manajer Life and Science Bali Safari Nimal Fernando di Gianyar, Bali, dikutip dari Antara, Kamis, 7 April 2014.

Menurut dia, bayi badak yang diberi nama "Maji itu lahir pada 24 Maret 2016 dari induk betina Dita dan jantan Nelson (21). Sebelumnya, pada 4 November 2015, seekor badak betina lahir dan diberi nama "Pembe" dari pasangan induk Hima (24) dan Nelson.

Nimal menjelaskan bahwa Pembe merupakan bayi badak pertama sejak kehadiran Hima enam tahun yang lalu. Menurut Nimal, untuk mengawinkan badak bisa dikatakan cukup sulit.

"Sebelum kawin, badak jantan harus mampu mengalahkan betinanya terlebih dahulu sebelum sang betina menyerah untuk kawin," ucap Nimal.


Tidak mudah bagi Nelson untuk melakukannya mengingat usia Nelson yang beberapa tahun lebih muda dari Hima.

Untuk itu, pihak pengelola melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan memberikan beragam pakan bergizi untuk menunjang kesuburan Hima dan Nelson.

Saat ini badak putih Afrika bernama latin Ceratotherium simum berstatus terancam punah dan masuk daftar merah Organisasi Konservasi Dunia (IUCN) tahun 2006.

Nimal mengklaim di Bali sendiri badak jenis ini hanya dapat ditemukan di Bali Safari and Marine Park. Tak hanya kedua badak putih itu, pengelola wahana setempat juga mencatat kelahiran Singo, bayi jerapah yang lahir pada 3 Juli 2015.

Bayi berjenis kelamin jantan itu merupakan anak dari Sophie (7) dan Matadi (6), pasangan jerapah yang ada pada jalur safari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini