Sukses

Rahasia 'Para Pencari Tuhan' Diungkap Saat Emtek Goes to Campus

Mahasiswa Malang dan sekitarnya antusias mengikuti Emtek Goes to Campus di Universitas Brawijaya, Malang.

Liputan6.com, Malang - Emtek Goes To Campus (EGTC) 2016 sukses digelar selama dua hari di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang. Agenda puncaknya adalah workshop bedah sinetron populer satu dekade Para Pencari Tuhan (PPT) bersama Deddy Mizwar dan Agus Kuncoro.

Hadir sebagai penutup dalam rangkaian kegiatan Emtek Goes To Campus (EGTC) 2016 Universitas Brawijaya Malang di hari kedua atau hari terakhir, Rabu, 6 April 2016, Deddy Mizwar berbagi kiat sukses sinetron unggulan Para Pencari Tuhan (PPT) kepada para mahasiswa yang hadir dalam sesi workshop akhir tersebut.

Ada beberapa hal yang dia sebut sebagai kunci sukses sinetron ini hingga mampu bertahan di hati penggemarnya selama satu dekade. Pertama, adalah menjaga kualitas PPT menjadi sebuah tontonan yang mendidik masyarakat di bulan Ramadan.

"Kami berupaya sebetulnya, saya yakin saat itu jika ada sebuah sajian yang mencerahkan umat yang menontonnya, maka tidak perlu ada program yang hanya menyajikan hura-hura saja di bulan Ramadhan," ujar Deddy.

Sutradara PPT pada jilid satu hingga delapan ini menjelaskan resep sukses berikutnya adalah diferensiasi atau membuat sesuatu yang berbeda. Deddy sempat miris dengan tayangan Ramadan, utamanya di jam-jam sahur yang hanya menyajikan hura-hura tanpa ada manfaat untuk para penontonnya.

"Apakah program Ramadan harus dibuat kuis yang teriak-teriak? Apakah harus seperti itu semuanya?" kata Deddy.

Kemudian PPT muncul sebagai pembeda dan SCTV tidak latah dengan ikut membuat program sahur yang disebut Deddy sebagai program hura-hura semata tersebut.

"Lalu PPT muncul, inilah diferensiasi yang disajikan SCTV. Mereka nemberikan sajian yang berbeda dan menyentuh masyarakat di bulan Ramadan," katanya.

Untuk itulah, lewat kesempatan kali ini, pria yang menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat ini mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan SCTV hingga PPT mampu bertahan selama satu dekade.

"Terima kasih SCTV Goes To Campus yang memberi kesempatan selama 10 tahun. Kepada masyarakat juga yang telah mengapresiasi acara ini kami ucapkan banyak terima kasih," ujar Deddy.

Setelah Kota Malang, EGTC direncanakan hadir juga di Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan Jakarta sepanjang tahun 2016. Kegiatan ini gratis dan terbuka untuk mahasiswa dari berbagai universitas di masing-masing kota.

PT Elang Mahkota Teknologi atau EMTEK merupakan perusahaan induk dari stasiun televisi SCTV, INDOSIAR, O Channel, Nexmedia, Screenplay, dan media digital seperti Liputan6.com, Vidio.com yang didirikan pada 1983 oleh Eddy Kusnadi Sariaatmadja.

EMTEK kini telah berkembang menjadi perusahaan media terkemuka di Indonesia yang memiliki visi menjadi penyedia konten hiburan dan informasi untuk Indonesia dan mitra layanan pilihan untuk penyediaan informasi, komunikasi, dan teknologi solusi yang terdepan. (Ginanjar Hanggarawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini