Sukses

Persediaan Tiket Kereta Reguler Lebaran Jalur Selatan Menipis

Tiket mudik Lebaran yang masih tersedia dari Jakarta menuju jalur selatan tinggal untuk H-10 sampai dengan H-7.

Liputan6.com, Purwokerto - Lebaran masih tiga bulan lagi, tapi sebagian besar persediaan tiket kereta api reguler pada keberangkatan H-2 habis terjual. Tiket mudik dari Jakarta tujuan Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Malang dan Surabaya paling banyak diminati masyarakat.

Dari sembilan tanggal tiket keberangkatan mudik (H-10 s/d H-2), lima tanggal keberangkatan telah ludes terjual. Masing-masing untuk tanggal keberangkatan 30 Juni (H-6) sampai dengan 4 Juli (H-2).

"Yang masih tersedia tinggal untuk H-10 sampai dengan H-7. Untuk keberangkatan H-7 Lebaran sendiri tinggal menyisakan sekitar 40 tiket," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Surono, Selasa, 5 April 2016.

Ia mengatakan, tiket mudik dari Bandung dengan tujuan kota-kota di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur yang telah terjual habis adalah untuk keberangkatan H-4 dan H-3 lebaran. Tiket tanggal keberangkatan yang lain sementara masih tersedia, meski beberapa tanggal keberangkatan juga mulai menipis.


Data ketersediaan tiket mudik lebaran tersebut berdasarkan hasil pantauan dari Rail Ticket System (RTS) PT KAI pada Selasa, 5 April 2016, pukul 09.00 WIB.

PT KAI mulai membuka penjualan tiket mudik lebaran untuk KA reguler sejak 28 Maret 2016 lalu mulai keberangkatan H-10 Lebaran. Penjualan tiket mudik dilaksanakan secara online mulai pukul 00.00 dini hari setiap harinya. "Sesuai dengan hitungan H-90 atau 90 hari sebelum tanggal keberangkatan," kata Surono.

Karena besarnya permintaan tiket mudik untuk keberangkatan H-6 hingga H-2 Lebaran, tiket telah habis terjual dalam waktu tidak sampai satu jam. Padahal, jumlah tiket yang dijual dari Jakarta ke lintas selatan mencapai 12.600 tiket KA reguler per harinya. Sedangkan, jumlah tiket reguler dari Bandung sebanyak 3.900 tiket per hari.

KA Tambahan Lebaran

Seperti pada masa angkutan Lebaran yang lalu, selain KA reguler, PT KAI juga akan mengoperasikan beberapa KA Tambahan Lebaran pada masa arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Hal itu untuk mengantisipasi tingginya permintaan tiket pada masa Lebaran.

Tiket KA Tambahan Lebaran tersebut saat ini belum dibuka penjualannya. Sama seperti tiket KA reguler, penjualan tiket KA Tambahan Lebaran juga secara online melalui reservasi internet, contact center 121, aplikasi pada ponsel, agen tiket maupun saluran tiket eksternal lainnya.

"Baru akan dibuka penjualannya sekitar awal Mei nanti," Surono menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.