Sukses

2 Bus Siap Mengantar ke Malioboro

Setelah beroperasi gratis selama dua minggu, layanan bus akan dievaluasi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pemerintah Kota Yogyakarta sudah memindahkan parkir sisi timur Malioboro ke taman parkir Abu Bakar Ali (ABA) 1. Seiring langlah itu pemerintah memberikan fasilitas Shuttle Bus gratis bagi pengguna kendaraan bermotor dan karyawan yang parkir di Abu Bakar Ali.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan terkait penataan parkir baru di Malioboro ini pihaknya  menyediakan dua bus transportasi dari ABA menuju ke jalan Malioboro. Rute kembalinya  melalui jalan Bhayangkara lalu melewati jalan Pasar Kembang dan kembali ke Abu Bakar Ali. Bus ini rencananya akan beroperasi selama dua minggu kedepan.

"Bus ini akan jalan selama dua minggu pertama gratis. Ini untuk karyawan di Malioboro yang mau berangkat kerja dan pulang kerja," kata Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, di Yogyakarta, Senin (4/4/2016).

Haryadi mengatakan dua bus ini akan mengangkut karyawan ini mulai pagi hari sebelum jam buka toko-toko di Malioboro hingga malam hari saat jam toko tutup. Nantinya akan ada tiga shif pagi, siang, dan malam. Setiap lima belas menit bus ini akan jalan. Perjalanan sekali putaran akan mengahbiskan waktu sekitar 20 menit.

"Pagi dengan domain jam buka toko tidak ingin karyawan di Malioboro terganggu. Setengah jam sebelum buka dan setengah jam setelah buka. Lalu siang sore setengah jam sebelum tutup dan setengah jam setelah tutup," ujarnya.

Haryadi menegaskan usai berjalan selama dua minggu kedepan ia akan mengevaluasi lagi dalam memberikan layanan. Sehingga jika perlu ditambah maka pemkot akan menyiapkan bus tambahan. Namun ia menegaskan jika pemkot akan menunggu hasil evaluasi terkait penggunaan bus gratis ini.

"Setelah dua minggu kita akan evaluasi bagaimana bagusnya. Kita lihat nanti ya," kata dia.

Sementara itu Ujang salah satu penumpang bus gratis ini mengaku masih ada beberapa kekurangan dalam fasilitas bus gratis ini. Misalnya kurang fasilitas kipas angin atau pendingin udara, sehingga kurang nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini