Sukses

Top 3: Benarkah Drone Asing Memata-matai Indonesia?

Drone yang jatuh di perairan Philip, Kepulauan Riau merupakan jenis banshee atau sasaran target yang memang bertujuan untuk ditembak jatuh.

Liputan6.com, Pekanbaru - Drone Banshee Target merupakan pesawat tanpa awak yang mulai diproduksi pada tahun 1983 sebagai bagian dari sistem latihan perang pertahanan udara.

Drone buatan Inggris ini juga bisa dilengkapi perangkat tambahan seperti radar, flare atau sekam, dan arm target. 

Dan belum lama ini pesawat tanpa awak atau drone tersebut jatuh di perairan Philipina, Kepulauan Riau. Begitu diketahui drone tersebut dimiliki 2 negara tetangga Indonesia, sempat timbul kekhawatiran adanya kegiatan mata-mata yang diduga dilakukan oleh Malaysia dan Brunei Darussalam ke wilayah Indonesia.

Hingga sore ini berita tentang drone asing jatuh di Kepulauan Riau paling banyak menyita perhatian pembaca Liputan6.com di kanal Regional, pada Sabtu (2/4/2016).

Berita lainnya yang juga tak kalah menyedot perhatian adalah khasiat daun kelor untuk menangkal gizi buruk pada balita dan kisah petani Aceh yang menanam ganja.

Berikut berita-berita terpopuler yang terangkum dalam Top 3 Regional.

1. Drone Asing Jatuh di Kepulauan Riau, Mata-mata?

Kemenkes mengeluarkan peringatan bepergian menyusul ancaman penyebaran virus Zika, hingga permainan baru yang diberi nama Drone Boarding.

Komandan Lapangan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsekal Pertama Henri Alfiandi menyebut pesawat tanpa awak atau drone yang jatuh di perairan Philip, Kepulauan Riau merupakan buatan Inggris.

Menurut pria berbintang satu ini, drone itu hanya dimiliki 2 negara di ASEAN, yaitu Malaysia dan Brunei Darussalam.

"Sepengetahuan saya, ada dua yang memiliki di ASEAN, yaitu Malaysia dan Brunei. Ini masih diselidiki untuk dipastikan, siapa pemiliknya," sebut Henri di Lanud Pekanbaru, Jumat, 1 April 2016.

Melihat bentuknya, jelas Henri, drone yang jatuh itu dipastikan bukanlah pengintai. Drone ini merupakan jenis banshee atau sasaran target yang memang bertujuan untuk ditembak jatuh.

Henri juga memastikan drone itu bukanlah pengintai atau mata-mata yang sengaja masuk ke teritorial Indonesia untuk tujuan khusus.

Selengkapnya...

2. Daun Kelor, Jurus Kota Malang Tangkal Balita Gizi Buruk

(moringa-drumstick.com)

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur memperkenalkan daun kelor sebagai makanan penangkal gizi buruk pada balita. Ini dilakukan karena setiap tahunnya selalu ada balita di daerahnya yang mengalami gizi buruk.

Caranya dengan menganjurkan para ibu untuk mengonsumsi daun kelor selama masa kehamilan.

Selain murah dan mudah didapat, daun kelor juga kaya akan kandungan zat besi, protein, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Mulai April, Dinkes akan membagikan daun kelor dan tempe ke warga, terutama ibu hamil.

"Susu dan biskuit tetap kami beri, tapi ditambahi dengan tempe dan daun kelor untuk menambah asupan gizi ibu hamil," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Asih Trirachmi Nuswantari.

Balita dengan gizi buruk itu disebabkan ibu hamil yang kekurangan nutrisi. Angka kematian ibu saat melahirkan setiap tahun antara 10-13 orang. 

Selengkapnya...

3.  Kisah Petani Aceh Menanam Ganja

Foto: Ilustrasi ganja di planet Mars (mirror.co.uk)

Seorang petani asal Kemukiman Lamteuba, Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar, Fauzan mengaku menanam ganja tidak membuat dirinya kaya.

"Semula saya pikir tanam ganja bisa kaya. Tapi, kenyataannya tanam ganja tidak membuat kaya. Yang ada malah dicari-cari aparat," kata Fauzan di Lamteuba, Aceh Besar, dilansir Antara, Jumat, 1 April 2016.

Fauzan menuturkan, dirinya bersama sejumlah rekan lainnya menjadi petani ganja karena disuruh oleh seorang "toke". Namun, ia tidak tahu siapa "toke" dan alamatnya.

"Saat itu tahun 2001. Kami disuruh tanam ganja oleh 'toke'. Luas ladang sekitar 500 meter persegi. Setelah tanam ganja, ladangnya dibiarkan. Kami kembali ketika panen," kata Fauzan.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.