Sukses

Turis Malaysia Doyan Melancong ke Lombok

Kepala Dinas Pariwisata NTB berharap, Malaysia turut mempromosikan event-event pariwisata yang akan digelar hingga akhir tahun ini.

Liputan6.com, Mataram - Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mendongkrak angka kunjungan wisatawan. Kementerian Pariwisata telah menargetkan tiga juta kunjungan wisatawan ke NTB pada 2016 ini.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov NTB melalui Dinas Pariwisata yakni membuka kerja sama dengan berbagai negara. Tidak hanya negara-negara di Eropa, tapi juga dengan negara-negara anggota ASEAN, khususnya Malaysia.

"Kerja sama itu perlu dilakukan karena tahun ini NTB ditargetkan 3 juta wisatawan, yang terbagi untuk wisatawan lokal ditarget 1,5 juta dan wisatawan mancanegara 1,5 juta," ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Faozal di depan media dan travel agent Malaysia, Kamis (31/3/2016), di Mataram.

Faozal menambahkan, selama 2016 akan diadakan puluhan event pariwisata. Hal itu dilakukan untuk memperkenalkan eksotiknya dua pulau yaitu Lombok dan Sumbawa, baik dari sisi wisata, historis, maupun budaya sekaligus mendongkrak angka kunjungan wisatawan.


Menurut Faozal, kerja sama pariwisata antara Pemprov NTB dan Pemerintah Malaysia sangat penting. Dia juga berharap Malaysia turut mempromosikan event-event pariwisata yang akan digelar hingga akhir tahun ini.

"Banyak event yang akan digelar. Dalam waktu dekat ini kami akan menggelar Festival Pesona Tambora di kabupaten Dompu. Kami berharap event ini diinformasikan ke warga Malaysia," kata dia.

Sementara itu, Presiden Persatuan Pemandu Bas Pelancong Malaysia (Baspel) Nur Aizan Abd Kadir mengatakan, kerja sama pariwisata antara Pemprov NTB dan Malaysia ini diharapkan terus menerus terjalin.

Sebab, saat ini banyak pelancong asal Malaysia yang berwisata ke NTB, khususnya Pulau Lombok, merasa senang dan puas. Menurut survei yang dilakukannya, warga Malaysia merasa senang berada di Lombok karena bisa menikmati seluruh keindahan alam dan lautnya.

"Warga Malaysia senang dengan Pulau Lombok yang indah, kuliner yang baru dan enak, dan juga treking ke Gunung Rinjani. Suasana Gunung Rinjani yang bagus membuat pelancong senang untuk mendaki," kata dia.
 
Nur Aizan juga memuji keindahan laut dan pantai yang ada di Lombok. Menurut dia, laut Lombok merupakan potensi wisata yang sangat besar. "Saya lihat lautnya indah dan cantik, dan saya rasa di sini (Lombok) the best," tandas Nur Aizan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.