Sukses

Cuaca Ekstrem, Bandara Adisutjipto Ditutup 30 Menit

Penutupan Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, tidak ada kaitannya dengan genangan air.

Liputan6.com, Yogyakarta - Cuaca ekstrem yang melanda Yogyakarta membuat Bandara Adisutjipto sempat ditutup selama setengah jam. Manajer Humas Bandara Adisutjipto Edwin Wibowo mengungkapkan, hujan deras disertai angin membuat bandara ditutup sementara mulai pukul 16.00-16.30 WIB. Penutupan ini berdasarkan pantauan cuaca yang tak memungkinkan pesawat turun ke landasan.

"Iya close sekarang. Sampai pukul 16.30 WIB. Kita lihat cuacanya dulu," ucap Edwin di Yogyakarta, Rabu (30/3/2016).

Yang jelas, menurut Edwin, penutupan Bandara Adisutjipto tidak ada kaitannya dengan genangan air. Sistem di bandara, kata dia, sudah bagus sehingga tidak ada genangan air. Ia menyebut cuaca menjadi penyebab murni penutupan bandara.

"Tidak ada genangan air yang jelas. Kita aman kalau sistem air kita," ujar Edwin.

Edwin mengatakan, penutupan Bandara Adisutjipto akan terus dilakukan jika kondisi cuaca masih tidak memungkinkan bagi penerbangan. Akibat penutupan ini, satu penerbangan akhirnya dialihkan ke Surabaya, Jawa Timur.

Selanjutnya, saat dihubungi Liputan6.com, Edwin menginformasikan Bandara Adisutjipto akhirnya dibuka kembali sore ini sekitar pukul 16.30 WIB.

Sebelumnya, hujan lebat masih mengguyur Kota Yogyakarta. Di kawasan Tugu Yogya, misalnya, hujan deras turun hingga pukul 16.25 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.