Sukses

NTB Gelar Pesona Tambora Bulan April

Pesona Tambora tidak hanya melibatkan kabupaten Dompu dan Bima saja namun seluruh kabupaten kota di pulau Sumbawa.

Liputan6.com, Mataram - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar acara tahunan Pesona Tambora yang sebelumnya bernama Tambora Menyapa Dunia (TMD) pada 1-16 April 2016 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Lalu Faozal menjelaskan event yang akan digelar di Desa Doro Ncanga, Dompu, itu dipastikan akan dibanjiri wisatawan seperti perayaan TMD tahun 2015 lalu.

"Ini event tahunan yang penguatannya dilakukan oleh pemerintah pusat karena sudah ditarik menjadi event nasional. Jadi dipastikan banyak wisatawan lokal maupun asing yang akan datang," ujar Lalu Faozal, kepala dinas pariwisata provinsi NTB di Mataram, Selasa (29/3/2016).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kata dia, pada perayaan event Pesona Tambora tahun ini, tidak hanya melibatkan kabupaten Dompu dan Bima saja namun seluruh kabupaten kota yang ada di Pulau Sumbawa.

"Seluruh kabupaten kota akan dilibatkan, seperti event balap sepeda Tambora Challenge yang akan berlangsung di Taliwang, Sumbawa Barat, dan beberapa event yang digelar di kabupaten kota lainnya," kata dia.

Bahkan, sebagian para tamu undangan yang akan menghadiri event tersebut juga rencananya akan diberangkatkan dari pelabuhan Badas, Sumbawa  menuju Dompu menggunakan kapal perang melalui perairan Saleh, Moyo, Tambora atau disingkat Samota.

"Ini sekaligus memperkenalkan kepada publik tentang kawasan Samota yang ke depannya akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)," ujar Faozal.

Dia menambahkan Pesona Tambora 2016 ini akan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun, pihaknya masih berkomunikasi terkait kepastian kedatangan orang nomor dua di RI itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.