Sukses

Targetkan 50 Ribu Pengunjung, Gunungkidul Tambah Petugas Wisata

Demi kenyamanan wisatawan, Pemkab Gunungkidul juga menambah papan penunjuk menuju obyek wisata.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gunungkidul yang mulai dilirik wisatawan lokal menargetkan kunjungan wisatawan hingga 50 ribu orang selama masa libur tiga hari ini.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, demi mencapai target itu, pihaknya akan mengantisipasi lonjakan pengunjung dengan penambahan personel di lapangan.

"Kita optimis target pendataan dari wisata tahun ini sebesar Rp 22 miliar dapat tercapai. Jadi, kita targetkan 50 ribu kunjungan wisatawan selama tiga hari libur," kata dia Jumat (25/3/2016).

Hary mengatakan, untuk mewujudkan target pendapatan daerah dari wisata itu, ia berkoordinasi dengan beberapa instansi untuk pengamanan dan kenyamanan di obyek wisata.

"Kita tambah petugas penjaga retribusi maupun petugas kebersihan," ujar Hary.

 

 

Contohnya petugas retribusi di Pos TPR Baron 1 biasanya hanya dijaga enam orang. Musim liburan ini ditambah sampai 19 orang. Sementara, untuk petugas kebersihan pantai biasanya hanya empat orang menjadi enam orang.

"Makanya, kita terus intensifkan PAD, terutama Gua Pindul dan lainnya. Kebocoran retribusi juga kita tekan," kata dia.

Demi kenyamanan wisatawan, pihaknya juga menambah papan penunjuk menuju obyek wisata. Penambahan penunjuk jalan itu untuk memudahkan wisatawan saat mengunjungi kawasan wisata.

"Setiap tahun kita tambah rata-rata 10 rambu yang kita pasang," papar Hary.

Sekretaris Korwil II SAR Pantai Baron Surisdiyanto mengatakan, selama libur Paskah itu, SAR menerjunkan 55 personel untuk menjaga 16 titik pantau yang menjadi tugasnya.  

"Khusus bagi wisatawan pantai di Gunungkidul untuk tidak mandi di pantai dan duduk di bawah tebing pantai," tandas Hary.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.