Sukses

ART Banjiri Kursus 3 Bahasa Asing Gratis di Banyuwangi

Selain kursus tiga bahasa asing gratis, program sedekah oksigen juga diminati warga.

Liputan6.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyatakan program Kursus Tiga Bahasa Asing Gratis pada tahun ini seiring tingginya peminat kursus itu. Salah satu peminatnya adalah para asisten rumah tangga (ART).

Menurut Anas, para asisten rumah tangga meminati kursus karena tidak meninggalkan rumahnya yang jauh karena program itu berbasis desa.

"Dan, tahun ini akan kita lanjutkan dengan target lebih dari 3600 orang," ujar Anas saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (21/3/2016).

Program kursus tiga bahasa asing gratis bertujuan untuk membekali warga Banyuwangi dengan keterampilan berbahasa asing. Tiga bahasa asing yang tersedia terdiri dari Bahasa Inggris, Mandarin dan Arab.

Kursus bahasa asing tingkat desa dan kelurahan itu diselenggarakan di 217 desa dan kelurahan yang ada di Banyuwangi. Satu desa melaksanakan satu kursus bahasa dengan satu tutor. Jadwal pertemuan seminggu 3 kali.

Lokasi kursus dilaksanakan sesuai kesepakatan warga. Ada yang di balai desa, musala, hingga ruang kelas Taman Kanak-kanak.

Sedekah Oksigen

Program andalan lain Banyuwangi yang juga menyita perhatian warga adalah Sedekah Oksigen. Program itu dilaksanakan dengan menanam ribuan pohon di lokasi yang gersang.

Salah satunya melalui Gerakan Pelajar Menanam di lereng bukit Watu Gedek dan sepanjang jalan Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, beberapa waktu yang lalu. Menurut Anas, program tersebut mampu menyejukkan kondisi di sejumlah tempat publik.

Maka itu, program Sedekah Oksigen akan kembali diluncurkan pada tahun ini dan menjadi bagian dari Festival Banyuwangi.

"Festival sedekah oksigen ini kita akan nilai tempat-tempat yang before and after-nya sudah banyak tanaman karena suplai oksigen terutama di sekolah dan tempat-tempat publik itu penting," tutur Anas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini