Sukses

Zumi Zola Pulang Kampung Panen Padi Organik

Zumi Zola targetkan Jambi bisa swasembada pangan.

Liputan6.com, Jakarta Hampir sebulan menjabat sebagai Gubernur Jambi, Zumi Zola akhirnya berkesempatan pulang ke kampung halaman keluarga besarnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Jambi. Ia sempat melakukan panen raya padi merah organik.

Sebelum menjabat gubernur, Zumi Zola adalah Bupati Tanjabtim periode 2011-2016. Orangtuanya, Zulkifli Nurdin yang juga mantan Gubernur Jambi dua periode, adalah putra asli Kabupaten Tanjabtim.

Agenda pulang kampung Zumi Zola untuk pertama kali ini adalah dalam rangka panen raya padi merah organik dan ikan nila merah di Desa Simbur Naik, Kecamatan Muarasabak Timur, Kabupaten Tanjabtim pada Rabu, 16 Maret 2016.

"Target saya adalah mewujudkan Jambi bisa swasembada pangan," ujar Zumi Zola.

Menurut dia, program pengembangan pertanian padi dan perikanan sejalan dengan program strategis yang disusunnya setelah menjadi gubernur. Program tersebut sudah diterapkannya saat menjabat sebagai Bupati Tanjabtim.

Untuk mendukung hal tersebut, Zola terus mendorong penerapan fungsi peraturan daerah (Perda) alih fungsi lahan sebagai payung hukum pengembangan pertanian dan perikanan di Jambi. Zola menyatakan agar perda alih fungsi lahan bisa diterapkan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

"Dengan adanya Perda, kita akan fokus. Jadi, kalau tidak fokus dan tidak ada konsepnya, itu tidak bisa dimonitor pemberiannya berapa, targetnya apa ke depannya, Provinsi Jambi komoditas berasnya berapa. Nanti bisa kita lihat," jelas Zumi Zola.

Pada kesempatan itu, Zumi Zola juga menyerahkan sejumlah bantuan bibit ikan nila dan patin sebanyak 60 ribu ekor kepada sejumlah kelompok tani. Ia juga memberikan bantuan traktor, benih padi, kedelai, bawang dan jagung serta menyerahkan secara simbolis asuransi usaha tani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.