Sukses

Target Imunisasi Meleset, Ribuan Balita Jambi Di-Sweeping

Sekitar 6.000 balita Jambi masih belum divaksinasi polio dalam Program Imunisasi Nasional (PIN).

Liputan6.com, Jambi - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi berencana melakukan 'sweeping' terhadap 6.000 lebih balita di daerah itu. Hal itu disebabkan pelaksanaan Program Imunisasi Nasional (PIN) di Jambi belum mencapai target.

Menurut Kepala Dinkes Provinsi Jambi, Andi Pada, sweeping balita dalam artian menjemput bola. Sejumlah petugas akan disebar ke seluruh daerah untuk mencari balita umur 0-59 bulan yang belum divaksin polio.

Andi menyebutkan, target sasaran PIN 8-15 Maret 2016 di Jambi adalah 323.948 balita. Namun, target tersebut baru tercapai sekitar 98,6 persen atau 317.658 balita. Artinya, masih ada sekitar 6.000 lebih balita yang belum divaksinasi polio.

"Ini yang menjadi sasaran sweeping kita selama tiga hari ke depan," kata Andi saat dihubungi di Jambi, Kamis (17/3/2016).

Ia menjelaskan, selama tiga hari ke depan, petugas akan mendatangi rumah-rumah orangtua balita yang belum diimunisasi polio. Untuk itu, petugas akan menggandeng aparat tingkat kelurahan atau desa untuk mengajak orangtua mendatangi pos pelayanan kesehatan terdekat.

Andi mengatakan, khusus di Provinsi Jambi, tidak ditemukan balita yang terkena polio. Untuk mempertahankan dan mencegah penyebaran polio itu memerlukan dukungan seluruh lapisan masyarakat.

"Vaksin polio untuk balita ini wajib, kita akan kejar hingga seluruh balita di Jambi dipastikan sudah mendapatkannya," ucap Andi Pada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.