Sukses

Putri Thailand Akan Saksikan Gerhana Matahari di Ternate

Selain menikmati gerhana matahari, Sang Putri juga akan memberikan bantuan bagi sejumlah sekolah di Ternate

Liputan6.com, Jakarta - Putri Thailand Maha Chakri Sirindhom akan datang ke Ternate untuk menikmati Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016. Sebagai tamu negara, Maha Chakri akan mendapat pengamanan khusus dari Polda Maluku Utara.

"Personel akan disiagakan untuk mengamankan kunjungan putri Thailand," kata Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Zulkarnain di Ternate seperti dikutip dari Antara, Senin (7/3/2016).

Sedikitnya 279 personel dikerahkan membantu Polres Ternate dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama kehadiran Putri Thailand, yang dijadwalkan tiba Selasa 8 Maret 2016, termasuk mengamankan ribuan wisatawan mancanegara.


Selain menikmati gerhana matahari, sang Putri juga akan memberikan bantuan bagi sejumlah sekolah di Ternate. Rencananya, Maha Chakri akan mengunjungi SD Negeri 50 Ternate di Tafure untuk memberikan bantuan.

Kunjungan Putri Thailand itu sebagai bentuk tindak lanjut atas bantuan yang telah diberikan sejak Desember 2015 ke sekolah tersebut, terkait status gizi dan pengembangan kesehatan anak.

Rencananya, Putri Thailand itu akan membangun ruang UKS, ruang perpustakaan, kamar mandi 2 unit dan rehab kamar mandi, kebun sekolah maupun tempat bermain murid-murid SD Negeri 50 tersebut.

"Ternate merupakan Kota kedua di Indonesia setelah Kota Bogor yang mendapat bantuan dari Putri Thailand. Tujuh sekolah di Kota Bogor yang sudah menerima bantuan dari Putri Thailand, sedangkan Kota Ternate baru SD Negeri 50," kata Zulkarnaen.

Zulkarnaen mengatakan, telah menginstruksikan seluruh jajaran Polda Maluku Utara agar siaga dalam rangka mengantisipasi setiap kegiatan masyarakat, baik yang akan menyaksikan gerhana matahari total maupun lainnya yang berpotensi terjadinya gangguan keamanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini