Sukses

Zumi Zola Curigai Hal Ini Jadi Biang Kerok Banjir di Jambi

Liputan6.com, Jambi - Gubernur Jambi Zumi Zola sejak tiga hari terakhir rutin blusukan ke sejumlah kabupaten. Gubernur termuda di Indonesia ini mencurigai salah satu penyebab banjir di Jambi adalah aktivitas perusahaan sawit yang memang banyak di daerah ini.

Salah satu daerah yang dikunjungi Zumi Zola adalah Dusun Batu Kerbau dan Dusun Baru, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo. Dua dusun tersebut baru saja diterjang banjir bandang selama sepekan terakhir.

"Indikasinya (perusahaan terlibat) ada. Tapi harus dikaji dulu, saya minta Pemkab Bungo melakukan kajian, hasilnya laporkan ke provinsi," ujar Zumi Zola di sela kunjungan ke Kabupaten Bungo, Kamis 3 Maret 2016.

 



Mantan aktor ini menegaskan tidak akan segan-segan menindak perusahaan yang terbukti menjadi biang kerok banjir di Jambi. "Jadi apabila ada bukti, laporkan. Akan saya permasalahkan hingga ke kementerian," tegas Zola.

Lebih lanjut ia mengatakan, berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bungo, banjir bandang di Bungo ini merupakan kali ketiga selama satu bulan terakhir. Banjir yang terakhir terjadi adalah yang terparah.

Sementara Wakil Bupati Bungo Mashuri mengatakan, akan segera menindaklanjuti instruksi gubernur. Ia mengakui, di Kecamatan Pelepat memang terdapat banyak perusahaan, khususnya perkebunan sawit.

"Segera kita akan cek kelengkapan perusahaan, termasuk aktivitasnya," kata Mashuri.

Pada kesempatan itu, Gubernur Zumi Zola menyerahkan sejumlah bantuan. Di antaranya beras sebanyak 18 ton, uang Rp 150 juta, serta beberapa bantuan lainnya. Gubernur juga berdialog dengan sejumlah pengungsi korban banjir di daerah itu.

Artikel Selanjutnya
Pipa Induk PDAM Pecah, Warga Kepahiang Alami Krisis Air
Artikel Selanjutnya
Dermaga Ambruk, 40 Pemudik Terjun Bebas ke Laut