Sukses

Anak Bandung Wajib Ngaji ke Masjid Waktu Magrib

Ridwan Kamil meluncurkan 3 program untuk mengatasi masalah sosial.

Liputan6.com, Bandung - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil meluncurkan tiga program unggulan untuk mengatasi masalah sosial di Kota Bandung. Program pertama adalah Magrib Mengaji.

"Anak-anak yang muslim selepas Magrib hingga Isya wajib ke masjid dan tidak keliaran di luar rumah  tidak jelas," kata pria yang populer disapa Emil ini, di Balai Kota Bandung, Senin, 22 Februari 2016.

Program kedua adalah Ayo Membayar Zakat. Pertimbangannya potensi zakat di Kota Bandung masih besar dan diharapkan bisa membantu program sosial.

Terakhir, Family Help Family bakal menjadi program unggulan. Nantinya bakal ada 60 ribu keluarga mampu di Bandung yang akan menjadi keluarga asuh bagi 60 ribu keluarga miskin di Bandung.

"Pertimbangannya karena ada banyak keluarga baik di Indonesia yang curhat kebingungan menyalurkan kebaikannya, nah saya bikin sistemnya," ujar dia.

Menurut Emil program Family Help Family tidak mesti membantu dalam hal keuangan saja namun bisa dalam berbagai hal. Belum didefinisikan apa bantuan dan bagaimana sistemnya.

"Membantu itu bukan selalu ngasih duit, tapi memberikan kesempatan, misalnya ibunya di kasih modal kerja, bapaknya dikasih kerjaan, anaknya dikasih beasiswa," kata Emil.

Alasan penggunaan Bahasa Inggris pada program ini karena banyak juga keluarga kaya dari luar negeri yang ingin memberikan bantuan kepada keluarga miskin di Kota Bandung.

"Mudah-mudahan masalah sosial di Bandung tidak selalu mengandalkan bantuan dari pemerintah terus," kata Emil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini