Sukses

Maaf, Festival Durian Gunungkidul Libur Dulu

Festival makanan tradisional Sompil akan menggantikan festival durian di tahun ini.

Liputan6.com, Gunungkidul - Pemerintah Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 2016 tidak menyelenggarakan festival durian yang biasa dilakukan setiap tahun di wilayah ini. Sebab hasil panen buah berduri tersebut tahun ini turun drastis.

Camat Patuk Haryo Ambar Suwardi  mengatakan, festival durian sudah dilakukan sejak 2013, namun pada 2016 tidak bisa digelar karena produksi buah durian menurun drastis.

"Biasanya festival durian dilakukan di Dusun Ngasemayu, Salam, Patuk. Hal ini dikarenakan penurunan produksi buah durian tahun ini cukup besar," katanya di Gunung Kidul, seperti dilansir Antara, Minggu 21 Februari 2016.

Ia mencontohkan satu pohon biasanya ada 50-an buah durian, namun tahun ini hanya sekitar 10 buah durian. Itupun sebagian buahnya tidak bagus.

"Kualitas buahnya kurang bagus, dulu manis sekarang malah agak hambar," katanya.

 



Dia mengatakam kegagalan panen tahun ini karena faktor alam. Kemarau panjang menjadikan produktivitas bakal buah mengalami penyusutan. Biasanya, setiap musim seperti saat ini, sepanjang jalan Yogyakarta - Wonosari, khususnya di wilayah Patuk banyak penjual durian di pinggir jalan, saat ini berkurang.

"Kami menerima laporan, ada kebun buah durian sama sekali tidak berbunga, meski jatuh musim," katanya.

Untuk menggantikan festival durian, pihaknya akan mengganti dengan makanan tradisional Patuk yakni sompil. Festival sompil akan dilakukan sekitar Maret atau April.

"Kami sedang kaji kapan akan dilakukan, agar nanti pas penyelenggaran menjadi menarik untuk wisatawan," katanya.

Salah seorang petani durian, Sunardi mengungkapkan awalnya pohon durian berbunga namun saat perkembangannya buah tersebut rontok. "Sebenaranya bakal buahnya banyak, tetapi rontok," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini