Sukses

Anak Harimau Sumatera Lahir di Kebun Binatang Medan

Anak harimau yang baru lahir tersebut hasil perkawinan induk harimau sumatera, yakni pejantan Anhar dan betina Si Manis.

Liputan6.com, Medan - Koleksi binatang di Medan Zoo, Sumatera Utara bertambah dengan lahirnya seekor anak harimau sumatera atau Panthera Tigris Sumatrae. Kelahiran anak harimau ini disambut gembira pengelola, karena populasi harimau sumatera di habitat aslinya hanya tinggal seratusan ekor dan tersebar di seluruh Pulau Sumatera.

Direktur Operasional Medan Zoo Sunardi Ali berharap, satwa di Medan Zoo dapat diperbanyak dengan penukaran hewan dari taman marga satwa lainnya.

"Seekor anak harimau sumatera ini lahir secara normal, dengan berat lahir rata-rata 2,3 kilogram, dan panjang 30 cm. Hewan ini masih menyusui," kata Sunardi, Sabtu (20/2/2016).

Dia menjelaskan, anak harimau yang baru lahir tersebut hasil perkawinan induk harimau sumatera, yakni pejantan Anhar dan betina Si Manis. Kedua ekor harimau itu sudah berusia hampir 18 belas tahun.

"Jenis kelamin anak harimau sumatera belum diketahui, berhubung keagresifan hewan tersebut, guna melindungi anak tunggal nya yang masih menyusui. Nanti kalau sudah kita beritahu," ucap Sunardi.

Bayi harimau sumatera lahir di kebun binatang di Medan, Sumut (Liputan6.com/ Reza Perdana)

Mendengar kelahiran harimau sumatera ini, petugas kebun binatang dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara langsung datang ke lokasi kandang harimau untuk mendata dan melihat  kondisi kesehatan anak harimau. Mereka berencana memisahkan induk jantan dari pasangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini