Sukses

Cara Asyik Belajar Gerhana Matahari di Taman Pintar Yogyakarta

Pengelola Taman Pintar menyiapkan pelatihan dan simulasi dengan biaya terjangkau.

Liputan6.com, Yogyakarta - Wisata edukasi Taman Pintar Yogyakarta menyiapkan simulasi terjadinya gerhana bagi pengunjung planetarium dalam menyambut momen Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016. Setiap pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 15 ribu per orang.

"Simulasi ini dapat dinikmati pada 1-9 Maret," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta seperti dikutip dari Antara, Jumat (19/2/2016).

Selain menyuguhkan simulasi gerhana matahari total, pada Minggu, 28 Februari 2016, akan digelar pelatihan bertema gerhana. Pelatihan digelar untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat mengenai cara pengamatan gerhana matahari yang tepat. Di antaranya adalah cara melihat proses terjadinya gerhana.  

"Kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk penyelenggaraan kegiatan ini, seperti BMKG, BPDB dan komunitas," kata dia.

Pengetahuan itu penting karena intensitas cahaya yang sangat tinggi berpotensi merusak retina mata jika gerhana matahari dilihat langsung. Sejumlah peralatan bisa digunakan, seperti kacamata yang biasa digunakan tukang las, kacamata matahari, serta teleskop yang sudah dilengkapi filter matahari.

Sedangkan pada 9 Maret, Taman Pintar akan mengamati gerhana matahari total di Tugu Yogyakarta mulai pukul 06.00 WIB. Gerhana matahari di Yogyakarta akan mencapai puncaknya pada pukul 07.23 WIB dengan total penutupan matahari oleh bulan sekitar 81,5%.

"Peristiwa yang akan terjadi pada 9 Maret tersebut merupakan fenomena yang sangat langka sehingga kami berharap bisa terlibat. Untuk melihat fenomena yang sama diperlukan waktu 33 tahun lagi," tutur Dwi.

Sejumlah gerhana matahari yang akan terjadi di antaranya adalah gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019, gerhana matahari total pada 20 April 2023, gerhana matahari cincin pada 21 Mei 2031 dan gerhana matahari total pada 20 April 2042.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.