Sukses

Tips Cari Penghasilan Tambahan Bupati Pandeglang

Bupati Pandeglang mengingatkan sumber penghasilan sebenarnya ada di sekitar.

Liputan6.com, Bandung - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Erwan Kurtubi menyatakan tidak sulit untuk mencari tambahan penghasilan asal ada kemauan dan mau memanfaatkan potensi.

Upaya itu bisa dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah. Dia melihat semua rumah warga terutama di perkampungan memiliki pekarangan, bahkan banyak di antaranya cukup luas.

"Kadang masih ada lahan kosong di belakang rumah. Ini kalau dimanfaatkan dan ditanami berbagai jenis tanaman menghasilkan bisa mendatangkan pendapatan," kata dia di Pandeglang, seperti dilansir Antara, Jumat (19/2).

Menurut Erwan, setiap tanaman baik yang berbuah maupun jenis sayuran bisa menghasilkan. Dia mengajak warga membiasakan diri menanam, bahkan ketika menemukan batang singkong hendaknya jangan dibiarkan, tapi ditanam pada lahan kosong.


"Satu batang singkong bisa dipotong menjadi 10, dan kalau ditanam minimal menghasilkan 10 kg umbi singkong, kalau dijual dengan harga Rp 2.000/kg maka dapat tambahan penghasilan Rp 20 ribu," kata dia.

Apalagi, kata Erwan, tanah di Pandeglang relatif subur. Apapun yang ditanam pasti tumbuh, yang penting mau merawat dan memberi pupuk dengan benar.

Erwan akan terus mendorong warga membentuk kawasan rumah pangan lestari (KRPL), yang bisa dilakukan di pekarangan rumah serta tidak perlu waktu khusus.

"Bisa sambilan saja. Pekarangan ditanami cabai, tomat dan lainnya, penghasilannya bisa berkisar Rp250 ribu-Rp300 ribu per bulan, kan bisa untuk penghasilan tambahan mencukupi kebutuhan keluarga," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.