Sukses

Banjir di Jambi, 20 Sekolah Libur Sepekan

Banjir merusak peralatan sekolah dan mengotori kelas dengan lumpur.

Liputan6.com, Jambi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat banjir di Jambi terjadi di 5 daerah kabupaten. Selain merendam pemukiman warga, 20 sekolah dilaporkan terendam.

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jambi, Dalmanto menyebutkan, 20 sekolah yang terendam banjir itu tersebar di 5 kabupaten. Perinciannya adalah 12 sekolah berada di Kabupaten Merangin, 1 di Kabupaten Kerinci, 3 di Kabupaten Bungo, 2 di Sarolangun dan 1 sekolah rusak di Kabupaten Tebo.

"Akibat terendam banjir, sejumlah sekolah itu terpaksa diliburkan sementara," ujar Dalmanto di Jambi, Kamis (18/2/2016).

Dari pantauan di lapangan, kata Dalmanto, sebagian sekolah kembali aktif karena banjir mulai surut. Namun, sebagian lainnya masih diliburkan yang berlangsung sepekan terakhir.


Akibat terendam banjir, kata dia, banyak peralatan sekolah yang rusak. Termasuk di antaranya buku-buku pelajaran. Rendaman banjir yang cukup tinggi juga membuat ruangan sekolah dipenuhi lumpur.

Dalmanto juga menyebutkan, selain merusak puluhan sekolah, banjir juga merendam lima sarana ibadah di tiga kecamatan dan merusak lima unit bangunan sarana kesehatan setingkat Puskesmas. Selain itu, banjir merusak 7 jembatan, beberapa di antaranya dilaporkan putus dan tidak bisa dilalui.

"Sebanyak 16 titik jalan rusak karena longsor dan banjir. Termasuk 12 fasilitas umum lainnya juga dilaporkan mengalami kerusakan," ujar Dalmanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini