Sukses

Di Kota Ini Marathon 21 KM Dijaga Barisan Tukang Sapu

Pesertanya datang dari berbagai kalangan dan ambil bagian dalam kategori lomba lari sepanjang 21 Km, 10 Km, 5 Km itu.

Liputan6.com, Makassar - Gelaran acara Half Marathon 21 KM yang digelar oleh Pemerintah Kota Makassar, dipastikan akan membuat jalanan Kota Daeng itu penuh dengan ceceran sampah plastik dari para peserta dan penonton yang ikut meramaikan acara itu.

Sebelum itu terjadi, Pemkot Makassar menyiapkan strategi untuk mencegahnya. Caranya, yakni dengan mensiagakan barisan petugas kebersiahan hampir di setiap titik keramaian yang dilalui peserta marathon.

"Ya, kita sedia payung sebelum hujan. Jadi biar jalanan tetap bersih. Kita siapkan semua petugas kebersihan atau para tukang sapu jalan untuk bertugas, agar jalan tetap bersih," papar Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto kepada Liputan6.com, Minggu (14/2/2016).  

Marathon ini melintasi rute Jalan Sudirman hingga finish di Lapangan Karebosi dan diikuti ribuan peserta dari sejumlah daerah bahkan banyak juga peserta dari Jakarta dan kota besar lainnya. 

"Pesertanya datang dari berbagai kalangan yang ambil bagian dalam kategori lomba lari sepanjang 21 Km, 10 Km, 5 Km, dan ada juga lari kreatif anak lorong Kota Makassar," kata dia.

Lokasi Start dan Finish Half Marathon sebagian besar terfokus di Kecamatan Ujung Pandang. Maka tidak heran jika sejak subuh sebelum terbitnya mentari pagi, kawasan itu sudah steril dari sampah.

Lurah Losari, Syahrial Syamsuri, mengatakan seluruh lurah di Kecamatan Ujung Pandang telah mempersiapkan petugas kebersihannya di pos masing-masing yang dikoordinir langsung oleh lurah-nya sendiri.

"Sebelum acara memang kita rapat dan diarahkan oleh pihak camat Ujung Pandang untuk turun langsung mengkoordinir antisipasi sampah sebelum dan sesudah kegiatan Half Marathon. Hal ini sudah kita atur sesuai dengan pos masing-masing yang telah di tentukan," kata Syahrial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini