Sukses

5 Daerah Sulsel KLB Demam Berdarah

Liputan6.com, Makassar - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menetapkan status Kondisi Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue (DBD) di 5 kabupaten wilayahnya. Penetapan itu menyusul adanya jatuh korban meninggal akibat DBD.

Dari catatan Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, di Sulsel sudah ada 4 warga yang meninggal karena DBD. Keempat warga itu di kisaran 5-15 tahun yang tersebar di Pangkep, Bulukumba , dan Gowa.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Sulsel, Nurul AR, menyebutkan 5 daerah yang sudah dinyatakan KLB DBD adalah Luwu Utara, Pangkep, Bulukumba, Wajo, dan Gowa.

Dia mengatakan pihaknya terus mengimbau  ke publik untuk pencegahan dan penanggulangan kasus DB. Langkah yang bisa dilakukan antara lain pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan mengaktifkan gerakan 1 rumah 1 jumantik.

"Mari kita bersemangat ajak masyarakat melaksanakan gerakan 1 rumah 1 jumantik, budayakan PSN di semua level," kata Nurul kepada Liputan6.com, Sabtu 6 Februari 2016.

Menurut Nurul, penanggulangan kasus DB yang sudah masuk KLB sudah diinstruksikan oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo ke 24 pemda kabupaten/kota di Sulsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.