Sukses

Balikpapan Gelar Pesta Laut Saat Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total akan terjadi di Pulau Kalimantan pada 9 Maret 2016.

Liputan6.com, Balikpapan - Gerhana matahari total akan terjadi di Pulau Kalimantan pada 9 Maret 2016. Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, akan menggelar pesta laut saat fenomena langka itu terjadi untuk mendongkrak sektor pariwisata.

"Momentum bagus bagi Balikpapan dalam mengembangkan sektor pariwisata," kata Dinas Pemuda, Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikpapan, Oemy Fasesly, belum lama ini.

Oemy mengatakan, gerhana matahari total di Balikpapan akan terjadi selama 3 menit antara pukul 07.30 hingga 08.00 Wita. Kota Balikpapan seluruhnya akan gelap gulita tertutup bayangan bulan yang tepat sejajar di antara bumi dan matahari.

Fenomena langka ini diyakininya mengundang banyak wisatawan lokal maupun internasional mengunjungi Balikpapan. Balikpapan melibatkan pihak lain seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Asita Kaltim dan Dinas Pendidikan Balikpapan guna menyemarakkan momentum gerhana matahari total di Balikpapan.

Pesta laut Pantai Manggar akan mnempilkan kuliner tradisional asli Kalimantan berikut olah raga khas masyarakat lokal setempat. Oemy menyebutkan, rangkaian pesta laut ini juga dilaksanakan di Lapangan Merdeka bersamaan waktunya dengan gerhana matahari total.

Ia optimistis, rangkaian acara gerhana matahari total di Balikpapan mampu mendatangkan pengunjung dari dalam maupun luar kota. Apalagi momentum gerhana matahari ini hampir bersamaan waktunya dengan hari jadi Kota Balikpapan.

Pemkot Balikpapan sudah menargetkan kunjungan turis lokal dan internasional mencapai 2,5 juta pada 2016 ini. Gerhana matahari total menjadi salah satu andalannya.

Gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 dapat disaksikan di beberapa provinsi di Indonesia. Antara lain Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.