Sukses

6 Tempat Terbaik Memantau Gerhana Matahari Total di Belitung

Disbudpar menyiapkan 10.000 buah kacamata filter gerhana (eclipse glasess).

Liputan6.com, Manggar - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur Provinsi Bangka Belitung menyiapkan 6 spot khusus sebagai titik pantau gerhana matahari total (GMT) yang juga melintasi "Negeri Laskar Pelangi" itu.

"6 spot tersebut berada di tiga kecamatan yakni Pulau Limau, Pantai Serdang, Pantai Oli Pier, Bukit Samak A1 di Kecamatan Manggar, Pantai Tambak di Kecamatan Damar dan Pantau Sengaran di Kecamatan Kelapa Sampit," kata Kepala Disbudpar Beltim Helly Candra seperti dikutip dari Antara, Minggu, 31 Januari 2016.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah membagi titik pantau sesuai keinginan dan tujuan wisatawan yang akan melihat langsung GMT pada 9 Maret 2016. Pantai Serdang di Desa Mayang Kelapa Kampit menjadi spot pemantauan terbaik.


Jika ingin fokus menyaksikan GMT, Helly menyarankan wisatawan untuk bersiap di Pulau Buku Limau. Tetapi, jika wisatawan ingin mengejar spot terbaik untuk panorama fotografi sunrise, Pantai Oli Pier lah tempatnya.

"Sedangkan untuk tamu undangan VIP akan diarahkan ke Bukit Samak yang merupakan kawasan komplek Rumah Dinas Bupati A1," kata Helly.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Beltim itu menyebutkan, dari seluruh titik tersebut Disbudpar sudah menyiapkan berbagai pelayanan dan fasilitas seperti tenda, mobil angkutan, toilet mobile, dan lain-lain. Semua itu diperuntukkan bagi wisatawan.

"Khusus untuk undangan dan masyarakat, Disbudpar menyiapkan 10.000 buah kacamata filter gerhana (eclipse glasess)," Helly menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini