Sukses

Rano Karno Imbau Warga Banten Terima Eks Gafatar

Selain eks Gafatar, menurut Gubernur Banten Rano Karno, ada 24 warganya yang baru kembali dari Suriah.

Liputan6.com, Banten - Gubernur Banten Rano Karno meminta warganya untuk menerima para eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang kembali ke daerahnya.

"Kita harus terima. Anggaplah mereka mungkin sudah salah jalan, kita benahi, kita arahkan, dan kita harus memberikan kesempatan kepada mereka, supaya tidak timbul konflik," kata Rano Karno di Banten, Senin (25/01/2016).

Selain eks Gafatar yang datang dari Kalimantan, mantan Wakil Gubernur Banten itu mengungkapkan ada 24 warganya yang baru kembali dari Suriah.

"Ini tentu menjadi tugas kita untuk menangkal gerakan radikalisme," ujar Rano.


Pada Sabtu 23 Januari 2016, ratusan eks anggota Gafatar dipulangkan dengan pesawat carter Lion Air melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan 3 kloter.

Sesampainya di Banten, mereka segera dibawa ke Rumah Perlindungan Trauma Center di Bambu Apus, Jakarta Timur, dan Panti Sosial Bina Insan Cipayung milik Kementerian Sosial (Kemensos) sebelum dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing.

Ratusan mantan anggota Gafatar yang dipulangkan itu berasal dari Banten, DKI Jakarta, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini