Sukses

Polisi Badung Asah Kecepatan Tangani Teror

Pergerakan personel polisi ke lokasi teror di Badung masih terhambat kemacetan lalu lintas.

Liputan6.com, Badung - Aparat kepolisian dituntut cepat dalam merespon situasi darurat. Simulasi dan latihan pun dilakukan intensif. Ratusan anggota Polres Badung tampak bergegas menuju pos Polisi di Pantai Petitenget, Badung, hari ini.

Mereka memacu kendaran mereka dengan kecepatan tinggi diiringi raungan suara sirine. Tiba di lokasi, anggota Brimob bersenjata langsung bersiaga.

"Polres Badung melatih panggilan luar biasa untuk melatih kesigapan anggota yang kita skenariokan ada peristiwa luar biasa di kawasan ini," kata Kapolres Badung, AKBP Tony Binsar usai simulasi, Jumat (22/1/2016).

Dari hasil simulasi, didapat kecepatan seluruh anggota hingga tiba di lokasi masih membutuhkan waktu relatif lama. Yakni, 25 menit untuk jarak tempuh sekitar 25 kilometer.


"Dari mulai terima informasi hingga tempat berkumpulnya membutuhkan waktu 25 menit. Cukup lama memang, karena kondisi arus lalu lintas cukup padat dan tidak diinformasikan sebelumnya," kata Tony.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar turut membantu petugas dengan memberikan prioritas pengguna jalan jika dalam keadaan darurat.

"Kegiatan ini juga memberikan warning kepada masyarakat agar memberikan prioritas jika terjadi situasi darurat sehingga petugas bisa lebih cepat," ucap Tony.

Sekitar 400 anggota Polres Badung dilibatkan dalam simulasi ini. Kecepatan dan kesigapan itu kini menjadi salah satu acuan petugas dalam merespon situasi darurat termasuk ancaman terorisme.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.