Sukses

Puting Belitung Hantam 47 Rumah di Bengkulu, 3 Warga Cedera Berat

Puting beliung kembali menghampiri 3 desa di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Liputan6.com, Bengkulu - Puting Beliung kembali menghampiri 3 desa di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Dini hari tadi bencana tersebut menghantam 47 rumah serta fasilitas umum.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong, Masdar Helmi mengatakan, ketiga desa yang tersapu angin puting beliung itu adalah Desa Air Bening, Babakan Baru, dan Bangun Jaya Kecamatan Bermani Ulu.

"Dari 47 rumah yang tersapu puting beliung, 10 di antaranya rusak berat dan rata dengan tanah," ujar Masdar saat dihubungi lewat telepon di Bengkulu pada Jumat (22/1/2016).

Selain merusak rumah, pusaran angin yang berputar kencang itu juga memporak-porandakan gedung Sekolah Dasar Negeri 1 Air Bening, Balai Desa Babakan Baru, dan mengangkat atap masjid yang berada di Desa Bangun Jaya.

Pihak BPBD bersama dinas sosial kabupaten Rejang Lebong langsung menuju lokasi dan melakukan evakuasi warga terdampak bencana ke wilayah yang lebih aman.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi puluhan warga menderita cedera ringan. Sementara 3 orang harus dilarikan ke rumah sakit umum daerah setempat karena menderita cedera berat tertimpa tuntunan material rumah yang tersapu angin puting beliung.

BPBD juga sudah memberikan bantuan tanggap bencana tahap awal berupa terpal tenda untuk berteduh sementara, selimut, dan makanan cepat saji.

"Hari ini kami kembali melakukan tindakan tanggap bencana tahap dua bersama instansi yang berkaitan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama," pungkas Masdar Helmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini